MENGAPA KERAJAAN AMARASI DALAM THEMA INI ?
Untuk menjawab pertanyaan ini, maka agak diperluas wawasan pertanyaannya yaitu : mengapa Kerajaan Amarasi ikut memberi warna dalam tulisan ” Kembara kehidupan seorang Theofilus Natumnea ” ? Apakah untuk membangkitkan kerajaan – kerajaan dulu pada status quanya ? ataukah untuk menghidupkan sistim feodalisme yang sempat menghinggapi suasana dalam strata kehidupan raja – raja dulu yang berbeda dengan rakyatnya ? jawabnya : tidak dan tidak, tetapi…..
Untuk mengenal, menganalisa dan membandingkan bahwa ternyata banyak kerajaan ditimor baik besar maupun kecil bahkan yang berkuasa secara lokal , demikian juga kerajaan-kerajaan besar dan kecil di Indonesia serta kerajaan-kerajaan yang sudah ada sebelum masehi dan sesudah masehi didunia ini, yang menguasai sebagian dunia ini, jika dibandingkan dan dianalisis, maka apalah arti sebuah” nama kerajaan Amarasi “, tetapi walaupun betapa kecilnya kerajaan Amarasi, namun punya peranan penting yaitu raja Koroh duet bersama raja Nisnoni dalam kehadirannya menyatukan raja – raja dan berjuang melawan belanda secara fisik dan mental …. yang lupa dicatat dalam sejarah Indonesia tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia menjadi negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini.
Disitulah ….yaitu dikerjaaan Amarasi – lah……. ia lahir sebagai putera kelima dari ayahnya seorang petani – peternak yang bernama Meliackhi Natumnea dan ibundanya yang bernama Regina Pasu dan bertumbuh – berkembang disebuah kampung yang bernama Nubraen di Baun -“ibu kota kerajaan Amarasi”, kemudian ia bergelut dengan kepolosan dan kesederhanaan mau keluar dari kepompong desa mencari dan mencari jalan untuk sekolah di kota Kupang, karena disitu hanya terdapat dua buah sekolah setingkat sekolah rakyat yaitu SRNegeri Baun dan SR GMIT Erm – Soba( sekarang kedua tempat itu sudah ada SMA Negeri dan SMP Negeri)
Ternyata, perjuangannya tidak sia-sia, bukan hanya di kota Kupang saja ia berjuang dan berhasil, tetapi juga Tuhan panggil , bentuk dan utus dia lebih jauh lagi , sehingga dari kilo meter nol ujung barat Indonesia yaitu kota Sabang – Aceh sampai keujung timur Indonesia yaitu Jayapura ia pernah menginjakan kakinya dan bukan hanya menginjakan kaki cuma-cuma, tetapi dengan semangatnya ia menyampaikan khotbah dan kesaksian singkatnya tentang nama Tuhan Yesus yang punya rencana dan berkuasa itu di Indonesia dan dalam hidupnya
SISTIM MANAKAH YG DIPAKAI KERAJAAN, SEJAK DOELOE ?
Pada umumnya kerajaanlah yang
memulai pemerintahan didunia ini, dengan segala kekurangan dan kelebihannya, ia berada dalam suatu sistim untuk mengatur pemerintahan yang diliputi dengan tradisi yang berlaku bagi masyarakat itu
Kalau masyarakatnya sudah mengenal Tuhan, pastilah kepemimpinan raja atau kaisernya akan bergantung kepada Tuhan, tapi kalau masyarakatnya belum mengenal Tuhan atau kepercayaannya animisme dan dinamisme, maka raja atau kaisernya juga akan memimpin berdasarkan aliran kepercayaannya.
Ada kerajaan yang secara turun temurun memperhitungkan anak pertama, kalau anak pertama laki – laki berarti dia yang menjadi raja dan kalau anak pertama perempuan berarti dia yang menjadi ratu, tetapi ada yang memperhitungkan anak laki dan jika tidak ada anak laki- laki maka kekuasaan akan turun ke keponakan dstnya
Demikianlah warna kepercayaan itu akan turut mempengaruhi kehidupan masyarakat yang hidup dalam kerajaan – kerajaan, baik yang tradisional pada zaman dulu, maupun tardisional zaman modern sekarang ini
PERTAHANAN & PERUBAHAN KERAJAAN – KERAJAAN DIDUNIA
Pada umumnya kerajaan –kerajaan didunia ini berubah sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman baik di eropa, asia, afrika dll sebagainya, khususnya di timur tengah, tetapi ada kerajaan yang masih mempertahankan hidup dan kekuasaannya sampai hari ini, merupakan suatu Negara berdasarkan konstitusi kerajaan.
Perubahan besar baik melalui pergolakan ataupun secara damai dialami oleh kerajaan – kerajaan tsb menjadi Negara republik, dimana ia akan merubah sistim dan lebih menekankan demokrasi sesuai kondisi yang dipengaruhi dalam segala hal dinegara itu
Perubahan – perubahan tsb berlangsung berdasarkan perkembangan teknologi & informasi serta modernisasi, dimana tekonologi dan informasi menyerap perubahan itu begitu cepat, sehingga banyak kerajaan menjadi republik tetapi ada kerajaan yang walaupun mengikuti perkembangan zaman namun nama dan status kerajaan itu tetap menjalankan status dan fungsinya dalam melaksanakan pemerintahan di kerajaan itu
KERAJAAN ISRAEL & SEJARAH KESELAMATAN ALLAH
Sebelum terbentuknya kerajaan Israel,
maka bangsa ini dipimpin oleh Nabi Musa untuk membawa mereka keluar dari Mesir tempat perbudakan menuju ketanah Kanaan tanah perjanjian Allah, yang diteruskan oleh Yoshua untuk masuk ke tanah perjanjian itu; maka sistim ini disebut”Theokrasi” artinya kepemimpinan Allah, dimana semua perintah dalam pemerintahan untuk menjalankannya berasal dari Tuhan, sang Penguasa bumi dan alam semesta ini
Setelah sampai ditanah kanaan yang makmur dan subur itu, mereka berontak untuk minta seorang raja yang memimpin mereka, dimana raja pertama adalah raja Saul orang yang berperawakan tinggi besar dan berhikmat.
Kasalahan menjalankan tugasnya ialah bertanya pada roh orang mati dan bukan kepada Tuhan serta melakukan sendiri tugas para nabi dan imam & tidak taat pada Tuhan, ia digantikan oleh raja Daud yang dipersiapkan dan diurapi Tuhan untuk memimpin bangsa Israel
Kerajaan ini semakin terkenal ketika dipimpin oleh raja Salomo, salah seorang anaknya dari Batsyeba, sehingga ketenarannya sampai diujung bumi ini, tetapi kerajaan ini menjadi redup ketika terpecah karena salomo mempunyai banyak Isteri dan tentu banyak anak-anaknya, sehingga antara mereka: anak-anaknya berperang untuk merampas dan mencapai status sebagai raja Israel, ditambah raja-raja berikutnya yang tidak taat pada Tuhan sehingga menjadi mundur dan digantikan oleh raja yang lain yang lebih taat , demikianlah sejarah perkembangan bangsa Israel dan riwayat raja-raja ketika terjadi perubahan sistim dari kepemimpinan Allah (theokrasi) kepada kepemimpinan seorang raja (monarki)
KERAJAAN CHINA PADA ZAMAN DOELOE
Di China sebelum berubah menjadi republik, maka dari dinasti yang satu ke dinasti yang lain yang memegang peranan mulai dari tahun 2070 sm dinasti Xia memerintah 330 tahun, kemudian dinasti Shang memerintah 564 tahun dan bersambung ke dinasti Zhou, dinasti Qin, dinasti Han, dinasti Tang, dinasti Jin dan dinasti Ping dllnya, semuanya memerintah dalam monarki itu bergantian dalam waktu yang lama sampai akhirnya menjadi republik pada tahun 1912
Akhirnya kerajaan yang dipimpin bergantian para oleh raja dan Kaisar dalam dinasti mereka sampai menjadi republik ini, dimana dari sistim monarki menjadi sistim republik & demokrasi yang berlaku dengan aliran kepercayaan mereka di China.
KERAJAAN INGGRIS, MONARKI YG KETAT
Didahului oleh HEPTARKI kemudian menjadi kerajaan Inggris 927 – 1707 dan dilanjutkan oleh kerajaan Britania Raya, dimana terbentuk undang-undang kesatuan raya pada 1 Mei 1707 dan undang-undang kesatuan 1800 pada 1801
Buckingham adalah istana atau tempat kediaman resmi raja/ratu Inggris di London yang dimulai tahun 1703 oleh Duke of Buckingham yang sebelumnya sebagai Balai Kota dan dilanjutkan oleh George III pada tahun 1761 dimana istana ini dikenal sebagai “the queen hause”
Kerajaan ini memberlakukan kelahiran anak pertama, apakah pria atau wanita, maka dialah yang memegang tampuk pemerintahan kerajaan, kalau Pria berarti raja sedangkan kalau wanita berarti ratu, tentu disertai dengan dukungan moril dari tingkah lakunya sebagai pewaris tahta kerajaan.
KERAJAAN MALAYSIA & MONARKINYA
Kerajaan Malaysia adalah pecahan dari kerajaan Sriwijaya yang kemudian dijajah oleh Inggris tetapi sebagian besar kerajaan Sriwijaya yaitu Indonesia dijajah oleh Belanda.
Diberikan kemerdekaan kepada para raja untuk menguasai pemerintahan lokal, dan para raja mengadakan sidang khusus untuk memilih kepala Negara dari antara raja yang berkuasa secara lokal diseluruh daratan Malaysia
Berdasarkan undang-undang yang menjalankan pemerintahan adalah seorang perdana Menteri untuk mendudukung raja yang berkuasa memimpin rakyatnya
DIMANA RAJA & KERAJAAN DI INDONESIA ?
Sebagaimana kerajaan lainnya didunia ini, maka kerajaan di Indonesia juga bertaburan disana –sini artinya cukup banyak kerajaan sebelum merdeka, dari kerajaan yang besar sampai pada kerajaan yang kecil.
Di Ambon umpamanya, hampir setiap desa punya raja , berarti kerajaannya hanya sebatas desa itu, di Timor tiap kerajaan mempunyai wilayah yang luas mencapai beberapa kecamatan dan kalau dijawa ada kerajaan yang meliputi satu propinsi dlnya
Kerajaan yang terbesar diIndonesia ialah sriwijaya yang meliputi seluruh Indonesia dan sampai di negeri Jiran Malaysia sana…dan demikian juga kerajaan mojopahit.
APAKAH ADA RAJA & KERAJAAN DITIMOR YANG BERPERANG MELAWAN BELANDA ?
Meliputi seluruh pulau timor terdapat kerajaan yang kecil maupun yang besar pertanda bahwa pulau timor tidak kosong, dihuni oleh mayoritas masyarakat Kristen dan katholik didaratan pulau timor seperti tokoh Sonbai kaisar Oenam dari dinasti sonbai pejuang pisik, di Kupang terdapat monument pahlawan “SONBAI” raja dan kerajaannya yang sengit melawan belanda pada zaman penjajahan., disebut Sonbai “ Kauniki” penentang utama kaum penjajah.
Selama pemerintahan Sobe Sonbai II, atas hasutan belanda telah terjadi pemberontakan yang dikenal dengan nama “Pemberontakan bijeli” dibawah pimpinan Kono Oematan melawan tua Sonbai, yaitu suatu cabang dinasti Sonbai, yang berkuasa di Molo ( baca “pahlawan-pahlawan suku timor” oleh I.H.Doko )
Pada saat yang sama dengan peristiwa pemberontakan itu, Belanda menyerang kaisar sobe sonbai di Kuaniki dengan suatu pasukan tentara yang kuat, dibawah pimpinan Residen Hazaert yang kuat, dimana belanda mengepung Sonbai dari jurusan laut pada tahun 1828, namun serangan belanda itu dipukul mundur oleh pasukan Sonbai. Bahkann kaisar sonbai III ditangkap dan dikucilkan sehingga tahun 1886 semua raja bawahan Sonbai seperti Fatuleu, , Mollo, Meomofa dll, memperoleh kemerdekaan untuk berdiri sendiri dan berkuasa penuh dalam kerajaannya. … Itulah kisah singkat salah satu pahlawan timor NTT….yaitu “Sonbai”
KERAJAAN diTIMOR YANG HILANG
Sesuai sejarah bahwa nenek moyang Indonesia dan juga timor datang dari Hindia belakang & Madagaskar ratusan ribu bahkan jutaan tahun yl dan perahunya bersandar di fatu kopan & di Niki-niki, pada abad 8/9 mereka mendiami Tunbes tua/Niki-niki dan berpindah pindah al di kopan dan sekitarnya dan menyebar keseluruh daerah yang subur termasuk Amarasi dllnya
Dalam penyebaran itu muncul pemimpin lokal
disebut raja seperti raja kopan, nope, nubatonis, oematan, amtiran, abineno, pasu ( Tinenti), Funay, nisnony, koroh, Keo, Ataupah dllsbnya
Pada dasarnya siapa yang berilmu, berani, kuat dan bijaksana serta berasal dari fam yang terbanyak untuk mendapat dukungan rakyat , dia yang berkuasa sehingga pergantian dinasti memimpin rakyat yang juga masih buta huruf bersama dengan rajanya, atau paling tidak sekolah praktis bersama raja-raja yang ada dalam bahasa timor sehari-hari.
Kedatangan portugis dan Belanda mempengaruhi peta kekuasaan para raja-raja tsb, konsekwensi logisnya ialah ada kerajaan kecil yang hilang atau ia hidup dibawah kekuasaan raja yang berkuasa, karena pada saat itu siapa yang dekat dengan penguasa dia akan hidup, tetapi bagi kerajaan yang rajanya melawan strategi belanda sebagai penguasa / penjajah, maka dia akan diadu-domba dan dihancurkan, siapa yang kuat dia yang menang, sebab masih berlaku hukum rimba, tidak ada undang – undang dan tidak ada peraturan yang jelas.
Ketika tiba portugis didaratan Timor, raja Kupang yang bernama Kopan memberikan sebidang tanah dipinggir laut yang akhirnya diberi nama ” Benteng ” untuk pemondokan pertama mereka, dalam mengembangkan sayap perniagaan dan kekuasaan mereka.
Nama Kupang sendiri diambil dari nama raja Kopan yang kemudian berkembang menjadi koepan dan diberi tekanan ” ng ” menjadi “koepang” sehingga perkembangan bahasa melayau dan Indonesia dalam ejaan baru dipakai nama kupang sampai sekarang ini
Dinasti raja Kopan yang memerintah kerajaan Kopan ini masih ditelusuri untuk mendapatkan tempat dalam sejarah dalam kerajaan-kerajaan di Timor ataukah sudah terhempas bersama arusnya perkembangan zaman dari penjajahan sampai kemerdekaan ?
KERAJAAN AMARASI DAN RAJA-RAJANYA
Amarasi berasal dari Wehali di Belu Atambua, salah seorang putera punya kesalahan yang tidak prinsip yaitu kekeliruan menjatuhkan mangkok dan pecah, karena mangkok ini milik keluarga raja dan punya arti bersejarah bagi mereka, maka raja yaitu bapaknya sendiri sangat kesal dan emosi sehingga mengusir putera yang bersalah ini bersama pengikutnya melarikan diri menuju kearah barat bagian utara pulau timor dan tinggal di Biboki Insana, karena itu tarian amarasi selain msok sene, koakiku, raebek dan bokok ada kaitanya dengan insana dan kemudian meneruskan perjalanan kearah barat dan mendirikan kerajaan di Amarasi yang berkedudukan di Baun sebagai ibu kota kerajaan Amarasi. Nama-nama raja yang pernah memimpin kerajaan amarasi sbb:
- 1. Pangeran Ishak Koroh 16..s/d 1665.( apakah dia yg diusir ayahnya dari Belu Atambua & mengadakan perjalanan ke Timor barat = Amarasi dari Wehali dan singgah di Biboki Insana dan menjadi raja pertama di Amarasi ataukah Dia menggeser penguasa lama atau raja lama lainnya ? ) dan ( apakah pengakuan kerajaan GOA bahwa timor adalah wilayah kerajaannya merupakan strategi ekspansinya ke timor termasuk Amarasi ?) ( ataukah exodusnya pengeran ishak ini karena Protugis menyerang kerajaan Wewiku – Wehali pada tahun 1746 sehingga terjadi eksodus besar-besaran mencari tempat baru
- 2. Dom Antonio 1665 kekuatan antara Portugis dan Belanda mulai berimbang di daratan timor dan Belanda mulai pindan markasnya dari Solor ke Kupang pada tahun 1657, dimana ada perdamain antara Portugis dan Belanda selama lima tahun 1662
- 3. Dom Tomas 1665 (kakak) s/d 1688
- 4. Dom Antonio II 1688 s/d 1703 Dalam kekuasaan raja ini, maka Portugis mengirim dan menugaskan Antonio Coelho Gurreio untuk menjadi gubernur Solor dan Timor
- 5. Dom Alfonco 1703
- 6. Dom Augusto Fernandes 1703 s/d 1714
- 7. Nai Soti 1714
- 8. Dom Luis Hornay 1749 – 1752 Beanda sangat kejam menndas rakyat dengan kerja keras dan siapa yg lari ditangkap dan disuruh kerja dengan nama ” corvee ” , siapakah yg melawan diambil dan ditruh dalam lobong buaya, sehingga air dalam lobang bauya itu berubah menjadi merah yaitu darah manusia, cerita ini dari mulut ke mulut dalam bahasa timor yg diterjemahkan sbb : membakar kapur dan membuat bata, tidak lagi kami sanggupi, kapur kase, bata kase- asing panasnya tak tertahankan lagi” Berhubung dengan kekejaman Belanda diuar batas peri kemanusiaan , maka raja Amarasi dan rakyatnya yg adalah hulubalang bersennjata lengkap memberotak pada tahun 1752, tetapi kemudia kalah dan ditangkap dan dikurung dalam penjara Kupang , kemudian di hukum mati dengan kepalanya dipancung Dalam kepemimpinan putranya Dom Alfonco Hornay, ia menyatukan hulubalang Amarasi bergabung dengan kekuatan potugis hitam , Amfoang dan Amanuban menyerang Belanda pada permulaan kekuasaannya tahun 1749
- 9. Dom Alfonco hornay 1752 – 1774 (putra)
- 10. Dom Rote Ruatefu 1774 – 1802 (putra)
- 11. Kiri Lote 1803 -1832 ( putra )
- 12. Koroh Kefi 1832 – 1853 Belanda dengan liciknya mengadu domba raja-raja timor dan sekaligus membalas serangnya ke Amarasi pada tahun 1752, Namun pada tahun 1836 Amarasi, sonbai, Amanuban dan Amfoang yang selama beberapa tahun diadu-domba Belanda, mereka secara politik bersatu dalam politik kebangsaan ” Timorsch Verbond ” dan “Timorsch” membalas Belanda dengan serangan yang serentak diseluruh pelosok timor
- 13. Obe koroh 1853 – 1871 ( keponakan ) …..: Dari periode kepemimpinan Obe Koroh inilah peran AM NATU yang disebut NATUMNEA PERTAMA PADA KERAJAAN AMARASI dalam team ekonomi kerajaan bersama beberapa tokoh TAKOY dari Nubraen menjadi salah satu team kuat kerajaan karena didukung secara strata ekonomi & kehidupan sosial berdasarkan anugerah Tuhan dimana mereka hidup dan tinggal didaerah batas hutan puru, oematmuti, bireo sampai oesain dan disekitarnya, di hutan-hutan ini banyak binatang liar seperti rusa dll, yang setiap saat diambil dan ditembak oleh penembak jitu, karena setiap anak laki memiliki senjata atau paling tidak setiap rumah memiliki sepucuk senjata api untuk berburu dan menjaga ternaknya dari gangguan binatang liar lainnya dan…….dihutan- hutan inilah berkeliaran ternaknya Am Natu/ nai’k Natu berupa kerbau dalam rombongan yang sangat banyak diternakkan (foa) dalam kandang – kandang sekitar puru, oematmuti yg dekat hutan larangan ” bireo ” sampai ke Buatam dan oesain.Dapat dipahami ia termasuk team ekonomi kerajaan, maka jika ada tamu raja Amarasi, memanggil bapak Natu untuk persembahkan beberapa ekor kerbau, disamping tembak rusa dihutan bireo, yang salah satu penembak jitu bernama Toe Natumnea.Apakah sejumlah besar kerbau yang sangat banyak itu hilang bagitu saja ? Tidak !, tapi dijual dengan harga golden , hanya karena orang dolo cara simpan uang bukan dibank tapi dalam karung goni dan dimeteraikan, tetapi dicuri orang beberapa karung goni yang berisi golden bermetrerai itu namun akhirnya ketahuan.
- 14. Rasi Koroh 1872 – 1887 ( keponakan )
- 15. Taku Obe 1888 – 1891 ( anak dari Obe Koroh )
- 16. Rasi Koroh 1892 – 1914 ( kedua kalinya )
- 17. Ishak Koroh 1914 – 1923 ( kakak )
- 18. Alexander koroh 1923 – 1925 (cucu dari rasi koroh)
- 19. Hendrik Arnold Koroh 1925 – 1951 (kakak)
Disinilah terjadi Ravolusi kemerdekaan dan ia mengambil peranan yang cukup besar menjadi ketua dewan raja se timor , menjadi anggota DPR sunda kecil dengan ibu kota Denpasar – Bali dan menjadi bupati timor pertama atas pilihan dewan raja, karena pilihan raja-raja setimor sekaligus kerajaan-kerajaan ditimor melebur/menggabungkan diri dengan republik Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia secara de yure tetapi defacto raja-raja masih berkuasa dalam masa transisi ini.. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
- 20. Victor Koroh 1951 – 1962 . Ia meneruskan masa masa transisi, setelah memerintah beberapa tahun sebagai raja menggantikan ayahnya, penyesuaian dari kerajaan Amarasi menjadi kecamatan Amarasi mulai berjalan sehingga ia menjadi camat Amarasi pertama dari kerajaan menjadi kecamatan….. Namun cinta rakyat Amarasi tidak luntur dengan kekuatan hulu balangnya pernah didemontrasikan ketika seorang anggota TNI – AU berkelahi dengan raja Amarasi Victor Koroh, dan beritanya sampai ke Amarasi, semua lonceng gereja dibunyikan tanda perang , maka semua hulu balang dari Amarasi dari ketiga kefetorannya dari Oekabiti, Buraen dan Baun memenuhi kota Kupang, walaupun tanpa membawa senjata , karena dilarang oleh semua temukung, supaya koordnasi dan pengamanan lebih baik karena sudah merdeka dan tidak ada perang lagi
KERAJAAN AMARASI & PERJUANGAN KEMERDEKAAN
Dalam perjuangan melawan belanda seperti beberapa raja dan kerajaan yl, dalam catatan sbb; 1749 Beberapa kerajaan sepakat menyerang belanda al kerajaan : amarasi, amfoang, amanuban bersama kekuatan portugis hitam menyerang dan damalam serang itu menggoncang kekuatan belanda dan pada tahun 1752 belanda membalas serangan ke kerajaan amarasi ……..raja Amarasi dan putranya serta beberapa hulubalangnya ditangkap dan dikurung dalam “straf-kwartier” atau penjara di Kupang, dimana dalam kalangan rakyat Amarasi dikenal peristiwa ini dengan nama “Kartel”.
Menurut kesaksian raja Alfons Nisnoni adalah raja kupang, bahwa raja Amarasi itu ditangkap dan dihukum mati dengan kepalanya dipancung, sehubungan dengan itu, raja Nisnoni minta kepada kompeni belanda agar jenazah raja Amarasi diserahkan kepadanya untuk dimakamkan dipemekaman sonaf di Kuate didesa Bakunase – Kupang
Sebagai balas jasa dan tanda terima kasih oleh rakyat dan raja amarasi menghadiahkan kepada raja Nisnoni sebidang tanah didesa oematmuti desa Saha, 6 km dari barat Baun ibu kota kerajaan amarasi.Pada tahun 1785 kekuatan terbesar sonbai dibuang belanda kebatavia, sebagai taktik mengurangi kekuatan musuh yaitu raja-raja local ini, namun kadernya tidak pernah putus, ” kalah hari ini besok pasti menang” dan “mati satu muncul seribu” dari anak dan cucunya bersama / dukungan penuh rakyat Amarasi tiap laki-laki adalah tentara /hulubalang kerajaan yang ditandai dengan setiap rumah ada senjata yang siap melawan belanda yakni raja amarasi bersama hulubalang dan seluruh rakyatnya.
Pada tahun 1836 dikatakan bahwa : sonbai, Amarasi, amanuban dan amfoang diadu domba, namun mereka bersatu dan berbalik melawan belanda, tetapi dalam kelicikan belanda dapat mengatasinya satu persatu, sesudah itu terjadi perundingan yang bernama “Timor traktat” ditanda tangani bersama yang isinya pembagian wilayah pulau timor antara belanda dan portugis dimana potugis menguasai timor timur dan belanda menguasai timor barat
Sesudah putera raja amarasi dibebaskan dan diangkat menjadi raja, ia kembali membangkang lagi dan tetap bermusuhan dengan belanda, maka pada tahun 1843 Belanda menyerang Amarasi dan berhasil menundukannya kemudian belanda menempatkan seorang camat (posthouder) guna menjaga gerak gerik raja amarasi bersama hulubalang dan rakyatnya ini
RAJA AMARASI MENJADI KETUA DEWAN RAJA dan KEPALA DAERAH TIMOR
Dalam perjuangan dari periode ke periode raja Amarasi terdepan untuk melawan belanda, bahkan sampai persatuan raja-raja di timor bernama “dewan raja”, juga diketuai oleh raja amarasi yang hanya bersekolah di”Europese Lagere School” sekolah randah belanda, serta Mulo bagian B di Betawi, terakhir mengenyam sekolah Algemene Middelbare School selama setahun di Jogyakarta, dipanggil pulang untuk menjadi raja amarasi menggantikan kakaknya yang dipecat belanda karena tidak tunduk pada pemerintah belanda
Tokoh H A Koroh raja Amarasi dari dinasti Nai nafi Rasi dalam memerintah ia melihat jauh kedepan disegala bidang , terutama pendidikan secara maka cara melihat dan melangkah dengan tahap perspektif sebagai pejuang politik dan pendidikan, ia menetapkan wajib sekolah bagi rakyat amarasi
Ia mengawasi pembangunan gedung sekolah dan rumah guru – guru yang adalah swadaya rakyat dan juga membuat jalan raya keliling amarasi dan menembus kota kupang yang pasti melewati tanah kerajaan kupang dalam perbatasannya , walaupun dihalang-halangi oleh pemerintah penjajah dan pengadu domba belanda, tapi pantang mundur, karena gedung sekolah, rumah guru, jalan raya adalah infrastruktur utama untuk membangun kerajaan amarasi kemasa depan yang baik.
Dalam bidang kemakmuran menganjurkan penanaman pohon pates sebagai hutan tanaman rakyat yang akan menjadi makanan sapi, sehingga menambah ekonomi dan daya juang menuju kemakmuran rakyat adalah ketahanan utama bagi rakya kerajaan dan menjadi dapur kota kupang
Dibidang pemerintahan membagi tiga kefetoran 59 temukung dan ratusan amnasit diberi kewenangan menjadi hakim rakyat untuk memutuskan perkara, kecuali masalahnya belum selesai akan naik banding dilanjutkan di kefetoran dan raja bila perlu ditinjau ulang.
RAJA AMARASI MEMPERSATUKAN KERAJAAN-KERAJAAN DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN
Ia sebagai ketua dewan raja-raja ditimor punya kebijaksanaan mempersatukan raja-raja di timor barat dalam hal politik untuk berjuang dan mendukung sepenuhnya tuntutan kemerdekaan nusa bangsa Indonesia dalam gerakan kemerdekaan Indonesia
Bahkan sesudah kemerdekaan dalam sidang pleno dewan raja-raja timor, ia raja Amarasi h a koroh sebagai ketua dewan raja didampingi raja Nisnoni raja kupang sebagai wakil ketua bersama memimpin rapat tgl 10-12 mei 1950 telah mengeluarkan resolusi bersama sbb: 1. Mendesak pemerintah RIS dan NIT, agar segera membubarkan NIT melalui uu darurat meleburkan diri kedaLam republik Indonesia 2. Menganjurkan kepada pemerintah republik Indonesia serikat dan republik Indonesia agar supaya daerah timor dan kepulauannya menjadi bagian dari pada republik Indonesia
Dalam suasana perjuangan dan pengisian pemerintahan transisi ini dewan raja-raja mengambil posisi menjadi penguasa penentu untuk menetapkan nasib timor dibawah kepemimpinan dewan raja dengan ketuanya yakni raja Amarasi dan wakil ketuanya raja kupang yaitu H>A Koroh dan Nisnoni ini
Sikap dan jiwa nasionalisme dalam perjuangan inilah yang melandasi kehidupannya bersama rakyat amarasi dalam kehidupan bermasyarakat
T O F A ANTARA KAMPUNG BAITIRI & NUBRAEN
Mengapa Nubraen dan Baitiri satu temukung, sedangkan Tofa temukung sendiri ? Heran ! Pada hal antara Nubraen dan Baitiri ada Tofa ! Mengapa tidak bergabung saja tiga kampung ini dari doeloe?
Jika kita kenal jalan pemikiran filofis dan perkembangannya ketiga kampung yang unik ini , maka akan terjawab bahwa fetor sebenarnya adalah dari fam Amtiran, tetapi diambil alih oleh Koroh karena rajanya adalah koroh. di Tofa ada sonaf (istana raja),adalah tempat kedudukan raja dan fetor Amtiran…..nah fetor koroh punya tiga isteri dimana isteri pertama ( in fenai ) fetor koroh di baitiri, isteri kedua ( infenai ) di baun sedang isteri ketiganya infenai ) di Nubraen maka dapat terjawab sedikit kisah unik ketiga kampung ini dan lagi pula yang paling kritis untuk mengkritik juga memperbaiki raja Koroh dan Fetor Koroh adalah dari fam Amtiran; Kalau kita ikuti kalimat singkat diatas ini dan mengerti maknanya , maka dapat terjawab sedikit pertanyaan diatas, sehingga tidak dapat digabungkan ketiga kampung ini begitu saja , selagi fetor koroh masih berkuasa dan nanti kapan ? Menunggu waktu yg tepat sesuai dengan rencana Tuhan, bahwa sekarang ini ketiga kampung itu telah menjadi satu desa bernama Merbaun dimana kepala desanya bergantian secara pemilihan warga desa dari ketiga mantan kampung ini.Salah satu bentuk penghormatan kepada Fetor ialah jika ada raja atau fetor maka pouk yang biasanya dipakai diatas bahu harus diikatkan di pinggang, atau ketika kita berkuda dan melewati sonaf (istana) harus turun dari kuda, demikian juga alam ini miliknya jika rakyat ramai-ramai mencari ikan didanau dengan memabokannya pakai tuba, maka rombongan pertama dari ikan-ikan yang menggelepar keluar danau milik fetor dan pendeta, baru pencarian ikan mabuk tuba berikutnya adalah milik barang siapa yang menemukannya; Si Filus datang terlambat dengan berkuda , nampak semua ikan yang mabok ada dihulu danau yang menyempit, lalu ia turun dari kuda dan dibuang (disapar) keluar ikan-ikan itu kerumput dan menjadi miliknya. Jika tembak rusa dipinggir atau dalam hutan laranagn itu dilarang, tetapi jika rusanya berada jauh dari hutan larangan: umpamanya dikebunnya atau disungai dan tempat lainnya dan rusa itu mati, maka satu paha dari daging rusa itu harus diserahkan kepada fetor, sebagai tanda penghormatan kepadanya mewakili raja
Dikampung Nubraen berdiam sejumlah fam yang bertumbuh dan berkembang seperti Takoy, Natumnea, Mnaohonin, kemudian datang Foni dan Bureni dstnya.disitulah lahir seorang anak bernama Theofilus Natumnea dari Maleakhi Natumnea dan Regina Pasu liat seri I tentang lahirnya Theofilus Natumnea dan sejarah hidupnya.
DARI MANA DAN APA PERANNYA NAIK N A T U/ AM NATU
Natumnea pertama datang dari matahari terbit,….. bisa dari TTS,…. TTU… atau BELU, sama seperti sejarah datangnya kerajaan Amarasi yang berdudukan diBaun dan sekitarnya datang dari wehali Atambua melalui Insana dstnya.
Disebut namanya nai’k Natu itu ketika dia masih seorang pemuda datang ke Nubraen dan tinggal disana … kawin dengan nona Takoy, tetapi aral melintang hidupnya walaupun dia memiliki segala sesuatunya tetapi Tuhan tidak karuniakan anak kepadanya anak sehingga, diambil dan diadatkan seorang anak laki-laki dari anak adik istrinya yang bernama Hata takoy diadatkan dengan “ b e l i s “ dan diberi nama fam baru menjadi Hata Natumnea
Peran nai’k natu ini bersama beberapa orang fam Takoy dari Nubraen menjadi pendukung kepada kerajaan Amarasi atau kepada raja sebagai salah satu pendukung penting bidang ekonomi atau team ekonomi kerajaan tidak sedikit ia korbankan kepada raja, jika butuh kerbau atau rusak karena ada ahli penembak rusa untuk kepentingan pesta dan tamu raja atau peperangan melawan belanda, apa saja dapat diambil dengan mudahnya ( dulu belum ada sapi) karena semua binatang liar dihutan larangan Bireo dan binatang milik rakyat adalah ex offecio milik raja, tinggal bagaimana pendekatan dengan anggota team ekonomi tsb.
Dalam kerajaan Amarasi ia dikenal karena ia menjadi team ekonomi kerajaan sumbangannya dari pemilikan kerbaunya yang tidak terhitung jumlahnya bahkan cara hitungnya rombongan yang terkumpul di kandang baik di Buatam, Oematmuti, Puru dan Nubraen.Mereka menjadi team kerja yang kuat, sehingga ketika “Nai’k Natu “ atau Natu Natumnea meninggal salah satu pelayat adalah raja dan fetor dari kerajaan Amarasi bahkan ketika anak angkatnya Hata Natumnea meninggal dalam usia 100 tahun dari kerajaan mengutus fetor koroh a/n kerajaan melayat kerumah duka, tergambar juga ketika raja Vecky Koroh adalah raja terakhir meninggal Kepala desa Bernadus Takoy yang berkedudukan di Nubraen mempersembahkan seekor sapi Hoov class untuk menjamu para tamu-tamu raja. Ini pertanda bahwa ada ikatan batin yang kuat antara nai’k Natu dan Nubraen dengan kerajaan Amarasi, karena ia menjadi team ekonomi kerajaan Amarasi yang berkedudukan diBaun, dimana Baun dan Nubraen jaraknya hanya 5 km saja menuju pantai Oesain dan puru
Silsilah Natumnea dalam perannya dikerajaan amarasi oleh Am Natu (Naik Natu) Sebagai Penasehat Ekonomi Kerajaan
DIMANAKAH KERAJAAN AMARASI SEKARANG ?
Apakah kerajaan Amarasi raib dari dunia ini ? Tentu Tidak ! Hanya status kerajaan amarasi sudah dilikwidasi dan melebur dalam NKRI berubah dari kerajaan menjadi kecamatan, bahkan proses perubahannya begitu rupa sehingga ibu kota kecamatan Amarasi di Baun bertahan beberapa tahun, kemudian pindah ke Buraen, karena gencarnya pembangunan bergeser kearah selatan , baik membangun jalan raya, maupun perkebunan, sehingga untuk focus pekerjaan, maka ibu kota kecamatan dipindahkan ke Buraen . Ketika rakyat sementara membangun jalan , maka diambilnyalah pemuda yang fisiknya kuat untuk membangun jalan raya, maka mereka harus tinggal dilokasi pembangunan sampai selesai, dengan demikian rajapun tidak boleh meninggalkan mereka atau tinggal bersama merekasampai selesai dengan baik dan tuntas semuanya.Untuk itulah maka ibu kota kecamatan Amrasi dipindahnya ke Buraen.
Peta kerajaan yang menjadi kecamatan ini semakin berubah ketika ibu kota kecamatan dipindahan lagi ke Oekabiti yang lebih dekat dengan kota Kupang, sehingga segala urusan yang menyangkut dengan administrasi dengan kator kabupaten di Kupang dapat ditempuh dengan cepat dan lancar.
Peta kerajaan semakin berubah ketika kecamatan Amarasi dimekarkan dari satu kecamatan menjadi empat kecamatan yaitu : 1. Kecamatan Amarasi ibu kotanya Oekabiti. 2. Kecamatan amarasi barat ibu kotanya di Baun (bekas ibu kota kerajaan amarasi) 3. Kecamatan amarasi selatan ibu kotanya Buraen dan 4. Kecamatan Amarasi Timur ibu kotanya Tesbatan.
Inilah seri khusus I tentang kerajaan Amarasi, silahkan tinggalkan komentarmu terima kasih
Salut kepada Bpk Pendeta Natumnea yang menyampaikan seri kerajaan Amarasi ini dengan sangat rinci dan detail, tapi mungkin bapak dapat memberikan kesimpulan ringkas ttg sikap hidup yang baik dan patut dicontoh dan dilestarikan dari kerajaan Amarasi ini dalam konteks kehidupan jemaat pada masa sekarang ini.
Terimakah pa Aritonang, atas komennya di Kerajaan Amarasi ini, ternyata bukan hanya orang Amarasi yg berkomentar tetapi dari Batak juga suka membaca dan komen ttg kerajaan kecil ini ……usul serta kritiknya beta terima untuk memberi analisis guna memberi catatan tentang nilai-nilai positip yg dilestarikan dari kehidupan orang amarasi dalam kehidupan berjemaat. makasih Tuhan berkati
Penulis yang datang dari latar belakang Natumnea, mungkin bisa lebih fokus kepada garis keturunan, sehingga dalam rangka penulisan buku, akan memberikan kontribusi bagi perkembangan iman dalam konteks Timor besar, bahkan kontribusi sebagai anak bangsa melalui GPIB
MAKASIH PAK PENDETA HUBERT LANTU, INI YG BETA TUNGGU, TAPI KALO BISA DI SEMUA SERI ADA KOMENTARNYA, SEMAKIN MEMBERI SEMANGAT KEPADA YG BELAJRAR TULIS INI ADALAH ADIK KELASNYA. TUHAN BERKATI AMIN
Memang, saat ini seri khusus I ini belum dilengkapi dengan foto dokuentasi seperti seri I -VI liainya, doakan agar segera dilengkapi seri ini . foto dokumentasi tsb, .terima kasih gbu amin
Seri khusus I tentang Kerajaan Amarasi telah dilengkapi dengan dokumen foto, silahkan membacanya dan jangan lupa komentarnya ditinggalkan disini–dibawah ini
Tulisannya cukup menarik namun perlu disebutkan juga literaturnya agar informasi ini dapat diketahui juga oleh pembaca jika ingin menjadikan refensi lanjutan…..SALAM.
TERIMA KASIH, .PAK BENY ULU MEAK…KALI INI BETA DAPAT KOMEN DARI SAUDARAKU SE – NTT – TIMOR, DARI 80 KOMEN YLNYA…. SEKALI LAGI MAKASIH ….THEMA BLOG INI : “KEMBARA KHDPN SEORANG THEOFILUS NATUMNEA” DALAM 9 SERI YAITU : 7 SERI UMUM DAN 2 SERI KHUSUS AL SERI KHUSUS KERAJAAN AMARAS BAHAN LITERATURNYA 1. PENGALAMAN : APA YG DIDENGAN , DILIHAT , DIALAMI DLM HIDUP 2. CERITA ORANG TUA TOLODOTH DARI MULUT KE MULUT SAMPAI PADA ANAK CUCU NYA 3 BUKU PAHLAWAN-PAHLAWAN SUKU TIMOR OLEH I.H DOKO PENERBIT BALAI PUSTAKA .Buku ini pemberian teman : seorang wartawan senior bp Kawilarang 4 INTERNET
JIKA PAK BENY MEMBACA THEMA DIATAS DAN BERKENAN SILAHKAN BACA SEMUA SERI-NYA SERI i DARI TIMORESE KE SERAMBI MEKAH SERI II DARI SERAMBI MEKAH KE SERMABI MEDINA DSTNYA S/D SERI VII DAN SERI KHUSUS I & II DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENNYA PADA SETIAP SERI, ATAS PERHATIAN DAN RESPONS SERTA KOMEN PAK BENY TERIMA KASIH GBU AMIN
Tugu / Kuburan Raja Sonbai ada, kenapa Tugu Liurai / Raja Maromak Oan Tidak ada dan dia dikuburkan dimana? Dari Turunan Tae Bria dan Bere Bauk.
YA ADA TUGU KUBURAN RAJA SONBAI, SEDANG TUGU DAN KUBURAN RAJA LIURAI HARUS DITELUSURI DARI KELUARGA INTI YG MASIH MEMEGANG TONGKAT KERAJAAN, YAKIN AKAN DITETEMUKAN MELALUI TELUSUARAN DALAM PERSAMAAN DAN PERBEDAAN YG SUDAH TERMAKAN DAN TERKIKIS ARUS ZAMAN
mantap bapak ini suatu pelajaran bagi kami generasi penerus amarasi yg katong cintai
Makasih Dedy Boimata, apa cucunya trayanus boimata ? itu teman sekolah saya SR di Baun zaman dolo….ya dalam tulisan 9 seri ini beta refleksikan apa yg telah dipelajari, dialami dalam praktisi hidup ini, dan komennya pas kiranya tulisan kecil ini menjadi berkat bagi banya orang para pembaca sudah 7600 dari seluruh dunia namun komen baru 70luan dari amerika, jerman, afrika selatan dan indonesia tentunya ntt termasuk komennya Dedy, sekali lagi makasi banyako,.. tetap semangat, maju terus,..Tuhan memberkati amen
mantap tenea jaman uis pah koro etre pah buraen ma sonaf baun aku salut
MAKASIH TUA, JOHNN GUDANG !..ON ME REKO ?, NOKO ANAK AMARASI NUBRAEN THEO NATUMNEA ATAU RASI NINU – NATUMNEA, ET PAH RANTAU, BEKASI, JABOTABEK -JAKARTA, USI YESUS MEMBERKATI AMEN
TURUT BERJUANG DALAM PELAYANAN UNTUK MEMBANGUN NEGARA DAN BANGSA DIBIDANG ROHANI AMEN
Reko tua, pak jhonn Gudang, atoni Nai”Rasi nasaim-nanoe naheun pah bian ekpah ko”bui, neu hit tatef eke blog he ai, tetap dan terus semangat berjuang tekun terus dalam perkara – perkara kecil, maka Allah akan tambahkan tg jawab dalam perkara yg besar. Tuhan memberkati selamat membaca dan berjuang gbu amen
mantap sekali..
AMIN, TUHAN MEMBERKATI KITA SEMUA DAN SELAMAT BERJUANG TUHAN ADA BERSAMA KITA AMEN
bapak pendeta,saya coba melengkapi sedikit tentang ibu kota kecamatan amarasi timur, itu di PAKUBAUN.KALAU TESBATAN trmasuk salah satu desa di kecamatan amarasi induk.
TERIMA KASIH, BAHWA IBU KOTA KECAMATAN AMARASI TIMUR ADALAH PAKUBAUN, TUHAN MEMBERKATI DAN TERUS BERJUANG DALAM TUHAN AMEN
Terima kasih Remy, dan Tuhan memberkati, sampai jumpa amen
MAKASIH TUA, MEMANG PERKEMBANGAN AMARASSI LUAR V BIASA, BAIK ORANGNYA,JUGA WILAYAHNYA, JADI KWANTITAS DAN KWALITAS SEMUA BERKEMBANG LUAR BIASA……., BETA DISABANG KETEMU ORANG AMARASASI, DIMANOKWARI JUGA KETEMU ORANG AMARASI……, APA LAGI DIJAKARTA ARTINYA DIMANA-MANA TUHAN UTUS UNTUK KITA MEMBANGUN INDONESIA SEBAGAI AGEN PEMBAHARUAN INDONESIA TERCINTA INI……….JADI BETA SU TAU DAN HAFAL IBU KOTA AMARASI TIMUR : GBU AMEN
Mantap skali bos….
Amin, terpujilah Tuhan dalam kasih karunia Yesus Kristus, semoga jadi berkat bagi banyak orang yang membacanya gbu amen !
Artikel yg bagus.
Saya baru tau sejarah Amarasi
walaupun lahir dan besar di Amarasi /Baun..penting sekali buat generasi muda sekarang termasuk saya …mudah2an bukunya segera keluar karena tdk semua org menggunakan internet khususnya di Baun
..5star for you Father
Makasih Rita Otemusu, dolo teman sekolah saya di Smea neg Kupang bernama: Zakheos Otemusu dari soba, apa kenal dia ? Puji Tuhan, beta ada sidinyadari tulisan ini seri I-IX, mudah-mudah sampai ditangan anda, tetapi kalo buku belum ada yg sudah tawar, tetapi belum cocok ! doakan ya..ya..!! mudah-mudahan terlaksana gbu amen
Terima Kasih Bapa Pendeta. ini memberikan tambahan pengetahuan bagi kami yang muda, dimana dulu cerita kesejarahan dituturkan dari satu generasi ke generasi berikut.. namun dengan perkembangan jaman mudah-mudahan suatu saat nanti cerita kesejarahan akan Amarasi baik dari aspek asal-usul dan kepemerintahannya dapat terangkum dalam suatu buku.. mungkin yang dapat diambil dari tutur sejarah diatas adalah bagaimana dengan memberi kita akan menerima.. Salam Hormat..
TERIMA KASIH JUGA OLIVIANUSR KAPITAN, YAKIN DAN YAKIN BAHWA BANGSA YG MENGHARGAI SEJARAH ADALAH BANGSA YG BESAR, DAN ANAK TUHAN YG MENGHARGAI DAN MENARUH MINAT UTK SEJARAH & SIAP MENERUSKANNYA ADALAH ANAK TUHAN YG DIBERKATI TUHAN. DAN…..YAKINLAH BAHWA PADA WAKTUNYA AKAN TERBIT DARI SERI I S/D SERI IX KHUSUSNYA TTG KERAJAAN AMARASI . TUHAN MEMBERKATI HARAPAN DAN PERJUANGANMU AMEN
trimakasi bapak PENDETA untuk informasi ini,,tp sedikit melengkapi,,ibu kota amarasi timur itu di PAKUBAUN..tesbatan itu masuk wilayah kecamatan induk.kecamatan amarasi.syalom
TERIMA KASIH, SUDAH MELENGKAPI TULISAN INI, DOAKAN AGAR AMARASI DIKEMBANGKAN MENJADI KABUPATEN, GBU AMEN
SEKALI LAGI, MAKASIH MEXI BANI, DOAKAN AGAR SEMUA ORANG AMARASI KHUSUSNYA ANAK MUDA , DIMANA SAJA DAPAT MEMBACANYA DAN MEMPERJUANGKAN SEMANGAT ANAK AMARASI SUPAYA BAIK DAN BERHASIL DALAM TUHAN AMEN
SYALOM SAUDARA SAYA JUGA PENEKUN CERITERA DAN SEMENTARA MENGUMPULKAN
INFORMASINYA LIURAI MAROMAK OAN YANG KELUAR DARI MALAKA DAN MAKAMNYA DI TTU. PADA PERANG YANG DICERITERAKAN TELAH MENGUTUS PANGLIMA PERANG DAN TUGUNYA SUDAH SAYA TEMUKAN DI KUPANG SALING KONTAK ONEDAY OKE… Ini hpku 081239054777 thank,s infonya. by…
Mari kita tulis dan dukung terus supaya bukan hanya tugu pahlawan NTT di Kupang saja yang berdiri, tetapi suatu ketika diterima menjadi pahlawan Nasional NKRI ini di Indonesia tercinta ini, bahwa ada pahlawanNasional dari NTT juga ikuit berjuang melawan Belanda zaman dolo terima kasih Tuhan memberkati amen
Oh iya perlu saya tambahkan bahwa di amarasi keluarga besarku ada 2 disitu yaitu 1. KEL. BESAR KOEANUNU DAN 2. KEL. BESAR SIKI salam buat mereka…Liurai MAROMAKOAN dari wewiku – wehali “Mohn Doa Restu; mampirlah ke TAPAL BATAS – NAPAN – KEFAMENANU – TTU
Kalau keluarga Koenunu – asala Buraen , beta kenal ketika beta masih di SMEA Kupang datang Drs Keonunu dari jawa setelah menamatkan sarjananya dan menjadi dosen di Kupang demikian juga nama ini banyak kami dapat cerita dari Titus Bureni yg Dosen juga di Kupang, Perlu diketahui bahwa setelah beta tamat SMEA Negeri di Kupang beta juga merantau ke jawa dhi jakarta dan kuliah serta putar- putar Indonesia sampai hi seperti dalam tulisan beta di seri I – VII serta seri khusus I & II al kerajaan Amarasi versi beta, terima kasih atas komennya nanti beta akan telepon gbu amen
pengetahuan saya raja amarasi yang di tahan belanda di penjara belanda di kupang jembatan selam itu namanya timotius keo dari oebaki kotabes, timotius keo di tangkap oleh koroh karna disuruh belanda, dan koroh sendiri kawin dengan saudara perempuan timotius keo namanya taku keo, makanya ada pemberontakan faifoni. karna dulu banyak raja2 yang ikut belanda,karna pada waktu itu yang menantang kerajaan hindia belanda maka di leyapkan, makanya raja2 yang ikut belanda masih di lindungi belanda sampai hari ini. dan sejarah timor raja cuman 2 aja dan satu kaesar, usif natun di baun dan koroh penerusnya karna koroh sama buraen anak angkat udif natun, dan usif nuban itu nubatonis dia suka natoni dengan kaesar dan kaesar itu keo
MAKASIH PLATO, SEBAGAI BAHAN MAKSUKAN UNTUK MELENGKAPI TULISAN INI DAN MEMBUKA WAWASAN ORANG AMARASI YANG TERSEBAR DITANAH AIR INDONESIA INI; MEMANG BETA KUTIP DARI BUKU DAN KEMBANGKAN DALAM TULISAN INI, NAMUN TIDAK MERUBAH DATA – DATA AUTENTIK, BUKU ITU DITULIS OLEH DOKO TEMANNYA RAJA KOROH YANG BISA SAJA SUBYEKTIF, TETAPI DENGAN MASUKNYA DATA INI, TENTU AKAN DIUJI OLEH PENULIS BUKU ITU ATAU SIMPATISANNYA DALAM KOMENTAR INI…… DAN JIKA BENAR AKAN DIRUBAH,KALAU PENULIS BUKU ITU MASIH HIDUP . …… KITA JUNJUNG TINGGI NILAI KEBENARAN, TERIMA KASIH, TUHAN MEMBERKATI AMEN
Tanda bahwa para pejuang dari NTT itu cukup banyak dan harus terus dicatat dalam sejarah untuk diperjuangan menjadi bahan masukan dan pertimbangan negara secara nasional sehingga suatu ketika akan diusulakn dan ditetapkan menjadi bahan usulan dan penetapan pahlawan nasional dari NTT, karena itu dukungan semua unsur masyarakat dan semua elemen dalam lapisan masyarakat NTT
kalau cerita turun temurun dari keo di amarasi……awal mulah kita datang dari india belakang sudah ribuan tahun yang lalu, kita datang membawa 9999 orang kapalnya yg sekarang kita kenal fatu kopan, nah kopan mempunyai 5 orang anak yang pertama namanya KEO ( keo artinya mengetahui segala sesuatu) ke 2, TNUNAY ( pelayan di istana ) ke 3 FONY ( artinya hilang kadang muncul) ke 4 ATAUPAH (artinya mau menguasai semua) yang ke 5 permpuan BETAKU. mereka tinggal di gunung tunbes tua yg nama sebenarnya kopan tp nope yang beri nama tunbestua. baru turunan kopan ini mulai hidup berpindah2 MORO KEO ( molo) dan MANU KEO (manutapen) dan RASI yang kita kenel amarasi yg di beri nama oleh koro, dan SEMAU (maubesi) kawin dengan KOPAN menjadi istri ke 39 makanya turunan kopan kasih tinggal turunan semau di fatufeto (sonafnya). kemudian keturunan maubesi dari SERAM AMBON datang cari neneknya yang kawin dengan raja timor di timor sampai mereka menetap dan tinggal sampai hari ini, jd sejarah yang di tulis….. masih sejarah lokal….. kususnya sejarah timor. jd RAJA TIMOR ITU CUMAN ADA 2 DAN 1 KAESAR… YANG LAIN ITU BUKAN RAJA TAPI KEPALA SUKU SAJA. RAJA BAGIAN TIMOR TIMOR ITU USIF NUBAN DAN RAJA BAGIAN TIMOR BARAT ITU USIF NATUN DAN KAESARNYA ITU KEO. JD DI AMARASI CUMAN USIF NATUN YG TINGGAL DI KAMPUNG BE ETO SEDANGKAN KOROH SAMA BURAEN ITU ANAK NGKAT DARI USIF NATUN, JD MEREKA IKUT BELANDA HINGGA BELANDA ANGKAT RAJA PERTAMA KALI DI AMARASI ITU BURAEN KE MUDIAN BELANDA TURUNKAN BURAEN DAN ANGKAT KORO JADI RAJA AMARASI KE 2 ITU FERSI BELANDA.
Kiranya menambah bahan perbemdaharaam dalam sejarah Kerajaan Amarasi ini, dan jika ada hal-hal yang berbeda, maka itu merupakan kekayaan yang perlu dicatat menjadi bahan masukan penting dalam seminar dan diskusi-diskusi daerha serta nasional untuk kritik membangun dan haraapan kita tulisan kerajaan Amarasi ini menjadi bahan masukan untuk usulan pahlawan nasional dari daerah NTT
dulu sewaktu pemilihan dewan raja raja oleh belanda” ada 2 orang yg di tes belanda waktu itu< yg pertama AYAHNYA ELI TUTHAES di oebaki dan yg ke 2 koro di baun dan yang lolos tes waktu itu ayahnya eli tuthaes yang lolos tes menjadi dewan raja raja di timor tp kenapa ayahnya eli tuthaes tidak jadi" sebab ada yang melapor ke belanda bahwa ayahnya eli tuthaes itu salah satu orang yang menentang kerajaan hindia belanda dengan tidak mau bayar pajak. sehingga belanda tau kabar itu makanya ayahnya elituthaes tidak jadi dewan raja raja di timor dan belanda mengangkat korolah yang menjadi dewan raja raja di timor. jd kalau kita tulis sejarah kerajaan timor yang sebenarnya maka sejarah indonesia akan di revisi kembali.
Semoga tulisan kecil menjadi bahan untuk negara dan bangsa Indonesia, serta diharapkan agar pahlawan Nasional juga ada dari Timor, bahwa perjuangan mereka tidak sia-sia gbu amen
RASI KEO ANAKNYA TANIS KEO ANAKNYA NEPA KEO/ RASITANIS ANAKNYA TIMOTIUS KEO/TAINEPA ANAKNYA RUBEN KEO/ NEPARASI. KALAU ADA YANG HIDUP SEJAMAN MERAKA PASTI TAU SIAPA MEREKA
Terima kasih, kiranya menambah perbendaharaan dalam sejarah kerajaan Amarasi ini, untuk memperkaya para pembaca , Tuhan memberkati gbu amen