Seri Khusus I: KERAJAAN AMARASI

MENGAPA KERAJAAN AMARASI DALAM THEMA INI ?

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka agak diperluas wawasan pertanyaannya yaitu : mengapa Kerajaan Amarasi ikut memberi warna  dalam tulisan ” Kembara kehidupan seorang Theofilus Natumnea ” ? Apakah untuk membangkitkan kerajaan – kerajaan dulu pada status quanya ? ataukah untuk menghidupkan sistim feodalisme yang sempat menghinggapi suasana  dalam  strata kehidupan raja – raja dulu  yang berbeda dengan rakyatnya  ?   jawabnya  : tidak dan tidak, tetapi…..

Untuk mengenal, menganalisa dan membandingkan bahwa ternyata banyak kerajaan ditimor baik besar maupun   kecil bahkan yang berkuasa secara lokal , demikian juga kerajaan-kerajaan besar dan kecil  di Indonesia serta  kerajaan-kerajaan  yang sudah ada  sebelum masehi dan sesudah masehi didunia ini, yang menguasai sebagian dunia ini, jika dibandingkan dan dianalisis,  maka apalah arti sebuah” nama kerajaan Amarasi “,  tetapi   walaupun  betapa kecilnya kerajaan Amarasi, namun punya peranan penting yaitu raja Koroh duet bersama raja Nisnoni dalam kehadirannya menyatukan raja – raja dan berjuang melawan belanda  secara  fisik dan mental ….  yang lupa dicatat dalam sejarah Indonesia tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia  menjadi  negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini.

Disitulah ….yaitu dikerjaaan Amarasi – lah……. ia lahir sebagai putera kelima  dari ayahnya seorang  petani – peternak  yang bernama Meliackhi Natumnea dan ibundanya yang bernama  Regina Pasu dan bertumbuh – berkembang disebuah kampung yang bernama Nubraen  di  Baun -“ibu kota kerajaan  Amarasi”, kemudian ia bergelut dengan kepolosan dan kesederhanaan mau keluar dari kepompong desa mencari dan mencari jalan untuk sekolah di kota Kupang, karena  disitu hanya terdapat dua buah  sekolah setingkat sekolah rakyat yaitu  SRNegeri Baun dan SR GMIT Erm – Soba( sekarang kedua tempat itu sudah ada SMA Negeri dan SMP Negeri)

Ternyata, perjuangannya tidak sia-sia, bukan hanya di kota Kupang saja ia berjuang  dan berhasil, tetapi juga Tuhan panggil , bentuk dan utus dia lebih jauh lagi , sehingga  dari kilo meter  nol ujung barat Indonesia  yaitu kota Sabang – Aceh sampai keujung timur  Indonesia yaitu Jayapura ia pernah menginjakan kakinya dan bukan hanya menginjakan kaki cuma-cuma, tetapi dengan semangatnya ia  menyampaikan khotbah dan kesaksian  singkatnya tentang nama Tuhan Yesus yang punya rencana  dan  berkuasa itu di Indonesia  dan  dalam hidupnya

SISTIM MANAKAH YG  DIPAKAI KERAJAAN, SEJAK DOELOE ?

Pada umumnya  kerajaanlah yang

kerajaan-kerajaan mencari identitas untuk memakai sistim pemerintahan sesuai dengan tradisi dan agama kerajaan itu

memulai pemerintahan didunia ini, dengan segala kekurangan dan kelebihannya, ia berada dalam suatu sistim untuk mengatur pemerintahan yang diliputi dengan tradisi yang berlaku bagi masyarakat itu

Kalau masyarakatnya sudah mengenal Tuhan, pastilah kepemimpinan raja atau kaisernya akan bergantung kepada Tuhan, tapi kalau masyarakatnya belum mengenal Tuhan atau kepercayaannya animisme dan dinamisme, maka raja atau kaisernya juga akan memimpin berdasarkan  aliran kepercayaannya.

Ada kerajaan yang  secara turun temurun memperhitungkan anak pertama,  kalau anak  pertama  laki – laki berarti dia yang menjadi  raja dan kalau anak pertama perempuan berarti   dia yang menjadi ratu, tetapi ada yang memperhitungkan anak laki dan jika tidak ada anak laki- laki  maka kekuasaan akan  turun ke keponakan dstnya

Demikianlah warna kepercayaan itu akan turut mempengaruhi kehidupan masyarakat yang hidup dalam kerajaan – kerajaan, baik yang tradisional pada zaman dulu, maupun tardisional zaman modern sekarang ini

PERTAHANAN & PERUBAHAN KERAJAAN – KERAJAAN DIDUNIA

Pada umumnya kerajaan –kerajaan  didunia ini  berubah sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman baik di eropa, asia, afrika dll sebagainya, khususnya  di timur tengah, tetapi ada kerajaan yang masih mempertahankan  hidup dan kekuasaannya  sampai hari ini, merupakan suatu  Negara  berdasarkan konstitusi kerajaan.

Perubahan besar baik melalui pergolakan ataupun secara damai dialami oleh kerajaan – kerajaan tsb menjadi Negara republik, dimana ia akan merubah sistim dan  lebih menekankan  demokrasi sesuai kondisi yang dipengaruhi dalam segala hal dinegara itu

Perubahan – perubahan tsb berlangsung berdasarkan  perkembangan teknologi  & informasi  serta modernisasi, dimana   tekonologi dan informasi menyerap perubahan itu begitu cepat, sehingga banyak kerajaan menjadi republik tetapi ada kerajaan yang walaupun mengikuti perkembangan zaman  namun  nama dan status kerajaan itu tetap menjalankan status  dan  fungsinya dalam melaksanakan pemerintahan di kerajaan itu

KERAJAAN ISRAEL  &  SEJARAH KESELAMATAN ALLAH

Sebelum terbentuknya kerajaan Israel,

Identitas bangsa Israel dari sistim Teokrasi menjadi kerajaan adalah Bait Allah, agar umatNya beribadah dan takut kepada Allah.

maka bangsa ini dipimpin oleh Nabi Musa  untuk membawa mereka keluar dari Mesir tempat perbudakan menuju ketanah Kanaan tanah perjanjian Allah, yang diteruskan oleh Yoshua untuk masuk ke tanah perjanjian itu;   maka sistim ini disebut”Theokrasi” artinya kepemimpinan  Allah,  dimana  semua perintah dalam pemerintahan untuk menjalankannya    berasal dari Tuhan, sang Penguasa bumi dan alam semesta ini

Setelah sampai ditanah kanaan yang makmur dan subur itu,  mereka berontak untuk minta  seorang raja yang memimpin mereka, dimana raja pertama adalah raja Saul orang yang berperawakan  tinggi besar dan berhikmat.

Kasalahan  menjalankan tugasnya ialah bertanya pada roh orang mati   dan bukan kepada Tuhan serta melakukan sendiri  tugas para nabi dan imam & tidak taat pada Tuhan,  ia digantikan oleh raja Daud yang  dipersiapkan dan diurapi Tuhan untuk memimpin bangsa Israel

Kerajaan ini semakin terkenal ketika dipimpin oleh raja Salomo,  salah  seorang anaknya  dari Batsyeba, sehingga ketenarannya sampai diujung bumi ini, tetapi kerajaan ini menjadi redup ketika terpecah karena salomo mempunyai banyak Isteri dan tentu  banyak anak-anaknya, sehingga  antara  mereka: anak-anaknya berperang untuk merampas  dan mencapai status sebagai raja Israel, ditambah  raja-raja berikutnya  yang  tidak taat pada Tuhan  sehingga   menjadi mundur dan  digantikan oleh raja yang lain yang lebih taat , demikianlah  sejarah perkembangan  bangsa Israel dan riwayat raja-raja ketika terjadi perubahan sistim dari  kepemimpinan Allah  (theokrasi) kepada kepemimpinan  seorang raja (monarki)

KERAJAAN   CHINA PADA ZAMAN DOELOE

Di China sebelum berubah menjadi republik, maka dari  dinasti  yang satu ke dinasti yang lain yang  memegang peranan  mulai dari tahun  2070 sm dinasti Xia memerintah  330 tahun, kemudian dinasti  Shang  memerintah 564 tahun dan bersambung ke dinasti Zhou, dinasti Qin,  dinasti Han, dinasti Tang, dinasti Jin  dan dinasti Ping dllnya, semuanya memerintah  dalam monarki itu bergantian dalam waktu yang  lama sampai akhirnya  menjadi republik pada tahun 1912

Kerajaan China sudah ada dan berkuasa sejak ratusan tahun sebelum masehi, dan sekarang menjadi Republik Rakyat China (RRC)

Akhirnya kerajaan  yang dipimpin bergantian para oleh raja dan Kaisar dalam dinasti mereka sampai menjadi republik ini, dimana dari sistim monarki menjadi sistim  republik   &  demokrasi yang berlaku dengan aliran kepercayaan mereka di China.

KERAJAAN   INGGRIS, MONARKI YG KETAT

Didahului oleh HEPTARKI  kemudian  menjadi kerajaan Inggris 927 – 1707  dan dilanjutkan  oleh kerajaan Britania Raya, dimana terbentuk undang-undang  kesatuan raya pada  1 Mei 1707 dan undang-undang kesatuan 1800 pada 1801

Kerajaan Inggris tetap bertahan sampai sekarang dalam dunia modern ini

Buckingham adalah istana atau tempat kediaman resmi  raja/ratu Inggris di London  yang dimulai tahun 1703 oleh Duke of Buckingham yang sebelumnya sebagai  Balai Kota dan dilanjutkan oleh  George III  pada tahun 1761 dimana istana ini dikenal sebagai  “the queen hause”

Kerajaan ini memberlakukan kelahiran anak pertama, apakah pria atau wanita, maka dialah yang memegang tampuk pemerintahan kerajaan, kalau Pria  berarti raja sedangkan kalau wanita berarti ratu, tentu disertai dengan dukungan moril dari tingkah lakunya sebagai pewaris tahta kerajaan.

KERAJAAN   MALAYSIA & MONARKINYA

Kerajaan  Malaysia  adalah pecahan dari kerajaan Sriwijaya yang kemudian dijajah oleh Inggris tetapi  sebagian besar kerajaan  Sriwijaya yaitu Indonesia dijajah oleh Belanda.

para sultan/raja berkumpul untuk memilih seorang pemimpin menjadi raja Malaysia sampai sekarang

Diberikan kemerdekaan kepada para raja untuk menguasai pemerintahan lokal, dan para raja mengadakan  sidang khusus untuk memilih kepala Negara dari antara  raja yang berkuasa secara lokal  diseluruh daratan Malaysia

Berdasarkan undang-undang yang menjalankan pemerintahan adalah  seorang perdana Menteri untuk mendudukung raja yang berkuasa  memimpin rakyatnya

DIMANA RAJA  & KERAJAAN DI INDONESIA ?

Sebagaimana kerajaan lainnya didunia ini, maka kerajaan di Indonesia juga  bertaburan disana –sini artinya cukup banyak kerajaan sebelum merdeka, dari kerajaan yang besar sampai pada kerajaan yang  kecil.

Wilayah Kerajaan Sriwijaya melebur menjadi NKRI

Di Ambon umpamanya,  hampir  setiap desa punya raja , berarti kerajaannya hanya sebatas desa itu, di Timor tiap kerajaan mempunyai wilayah yang luas mencapai beberapa kecamatan dan kalau dijawa ada kerajaan yang meliputi satu propinsi dlnya

Kerajaan yang terbesar diIndonesia ialah sriwijaya  yang meliputi seluruh Indonesia dan sampai di negeri Jiran Malaysia sana…dan  demikian  juga kerajaan mojopahit.

APAKAH ADA RAJA & KERAJAAN DITIMOR YANG  BERPERANG  MELAWAN  BELANDA ?

Meliputi seluruh pulau timor terdapat kerajaan yang kecil maupun yang besar pertanda bahwa pulau timor tidak kosong, dihuni oleh  mayoritas masyarakat Kristen dan katholik didaratan  pulau timor seperti tokoh Sonbai kaisar Oenam dari dinasti sonbai pejuang pisik, di Kupang terdapat monument  pahlawan  “SONBAI”     raja dan kerajaannya yang sengit melawan belanda pada zaman penjajahan., disebut  Sonbai “ Kauniki” penentang utama  kaum penjajah.

TUGU ” SONBAI”,  Pejuang  Timor NTT dalam Zaman kerajaan kekaisaran Sonbai, Timor, yang lupa dicatat dalam sejarah Indonesia

Selama pemerintahan  Sobe Sonbai II, atas hasutan belanda telah terjadi pemberontakan yang dikenal dengan nama “Pemberontakan bijeli” dibawah pimpinan Kono Oematan melawan tua Sonbai, yaitu suatu cabang dinasti Sonbai, yang  berkuasa di Molo ( baca “pahlawan-pahlawan  suku timor” oleh I.H.Doko )

Pada saat yang sama  dengan  peristiwa pemberontakan itu, Belanda menyerang  kaisar  sobe sonbai di Kuaniki dengan suatu pasukan tentara yang kuat, dibawah pimpinan  Residen Hazaert  yang kuat, dimana belanda mengepung  Sonbai dari jurusan laut pada tahun  1828, namun serangan  belanda itu dipukul mundur oleh pasukan Sonbai.  Bahkann kaisar sonbai III  ditangkap dan dikucilkan  sehingga tahun 1886  semua raja  bawahan Sonbai  seperti  Fatuleu, , Mollo, Meomofa dll,  memperoleh kemerdekaan untuk  berdiri sendiri dan berkuasa penuh  dalam kerajaannya. … Itulah kisah singkat salah satu pahlawan timor NTT….yaitu “Sonbai”

KERAJAAN  diTIMOR YANG HILANG

Sesuai sejarah bahwa nenek moyang  Indonesia dan juga timor datang dari Hindia belakang  & Madagaskar ratusan ribu bahkan jutaan tahun  yl dan perahunya bersandar di fatu kopan & di Niki-niki,  pada abad 8/9 mereka mendiami Tunbes tua/Niki-niki dan berpindah pindah al di  kopan dan sekitarnya dan menyebar keseluruh daerah yang subur termasuk  Amarasi dllnya

Dalam penyebaran itu muncul pemimpin  lokal

dalam persaingan ada yang menanjak dan bertahan terus tetapi ada kerajaan yang hilang karena kalah perang

disebut raja seperti raja kopan,  nope, nubatonis, oematan, amtiran, abineno, pasu  ( Tinenti), Funay, nisnony, koroh, Keo, Ataupah dllsbnya

Pada dasarnya siapa yang berilmu, berani, kuat dan bijaksana serta berasal dari fam yang terbanyak untuk mendapat dukungan  rakyat , dia yang berkuasa  sehingga pergantian dinasti memimpin rakyat yang juga masih buta huruf bersama dengan rajanya, atau paling tidak sekolah praktis bersama  raja-raja yang ada dalam bahasa timor sehari-hari.

Kedatangan portugis dan Belanda  mempengaruhi peta kekuasaan para raja-raja tsb, konsekwensi logisnya ialah ada kerajaan kecil yang hilang atau ia hidup dibawah kekuasaan raja yang berkuasa, karena pada saat itu siapa yang dekat  dengan penguasa  dia akan hidup, tetapi bagi kerajaan yang rajanya melawan  strategi belanda  sebagai penguasa / penjajah,  maka dia  akan diadu-domba dan dihancurkan, siapa yang kuat dia yang menang, sebab masih berlaku hukum rimba, tidak ada undang – undang dan tidak ada peraturan yang jelas.

Ketika tiba portugis  didaratan Timor, raja Kupang yang bernama Kopan memberikan sebidang tanah dipinggir laut yang akhirnya diberi nama ” Benteng ” untuk pemondokan  pertama mereka, dalam mengembangkan sayap perniagaan  dan kekuasaan mereka.

Nama Kupang sendiri diambil dari nama  raja Kopan yang kemudian berkembang menjadi koepan dan diberi  tekanan  ” ng  ” menjadi “koepang”   sehingga  perkembangan  bahasa  melayau dan  Indonesia  dalam ejaan baru dipakai  nama kupang sampai sekarang ini

Dinasti raja Kopan yang memerintah kerajaan Kopan ini masih ditelusuri untuk mendapatkan  tempat dalam sejarah  dalam kerajaan-kerajaan di Timor ataukah  sudah  terhempas  bersama arusnya  perkembangan zaman dari penjajahan sampai kemerdekaan ?

KERAJAAN AMARASI DAN RAJA-RAJANYA

Amarasi berasal dari Wehali di Belu Atambua, salah seorang putera  punya kesalahan yang tidak prinsip yaitu kekeliruan menjatuhkan mangkok dan pecah, karena mangkok ini milik keluarga raja dan  punya arti  bersejarah bagi mereka, maka raja yaitu bapaknya sendiri  sangat kesal dan emosi sehingga mengusir  putera yang bersalah ini bersama pengikutnya melarikan diri menuju kearah barat bagian  utara pulau timor dan tinggal di Biboki Insana, karena itu tarian amarasi  selain msok sene, koakiku, raebek dan bokok ada kaitanya dengan  insana dan kemudian meneruskan perjalanan kearah barat  dan mendirikan kerajaan di Amarasi yang berkedudukan di Baun sebagai ibu kota kerajaan Amarasi. Nama-nama raja yang pernah memimpin kerajaan amarasi sbb: 

  1. 1.      Pangeran Ishak  Koroh 16..s/d 1665.( apakah dia yg diusir ayahnya dari Belu Atambua & mengadakan perjalanan ke Timor barat =  Amarasi dari  Wehali dan singgah di  Biboki Insana dan menjadi  raja pertama di Amarasi ataukah Dia menggeser penguasa lama atau raja lama lainnya ? )   dan  ( apakah  pengakuan  kerajaan GOA   bahwa  timor adalah  wilayah kerajaannya merupakan  strategi  ekspansinya ke timor termasuk Amarasi ?) ( ataukah exodusnya pengeran ishak ini karena  Protugis menyerang kerajaan  Wewiku – Wehali  pada tahun 1746 sehingga terjadi eksodus besar-besaran mencari tempat baru
  2. 2.      Dom Antonio 1665  kekuatan antara Portugis dan Belanda  mulai berimbang di daratan timor dan Belanda mulai pindan markasnya dari Solor ke Kupang pada tahun  1657, dimana  ada perdamain antara Portugis dan Belanda  selama lima tahun  1662
  3. 3.      Dom Tomas  1665 (kakak) s/d 1688 
  4. 4.      Dom Antonio II  1688  s/d 1703    Dalam  kekuasaan  raja ini,  maka Portugis  mengirim  dan menugaskan Antonio Coelho Gurreio untuk menjadi gubernur  Solor dan Timor
  5. 5.      Dom Alfonco  1703  
  6. 6.      Dom Augusto Fernandes 1703 s/d 1714
  7. 7.      Nai Soti  1714   
  8. 8.      Dom Luis Hornay 1749 – 1752 Beanda  sangat kejam  menndas rakyat dengan kerja  keras  dan siapa yg lari ditangkap  dan disuruh kerja  dengan nama ” corvee ” , siapakah yg melawan  diambil dan ditruh dalam lobong buaya, sehingga air dalam  lobang bauya itu berubah menjadi merah  yaitu darah manusia, cerita ini dari mulut ke mulut  dalam bahasa timor yg diterjemahkan sbb  : membakar kapur dan membuat bata, tidak lagi kami sanggupi, kapur kase, bata kase- asing  panasnya tak tertahankan lagi” Berhubung dengan kekejaman Belanda diuar batas peri kemanusiaan , maka raja Amarasi dan rakyatnya yg adalah hulubalang  bersennjata lengkap memberotak  pada tahun 1752, tetapi kemudia kalah dan ditangkap dan dikurung dalam penjara Kupang , kemudian di hukum mati dengan kepalanya dipancung Dalam  kepemimpinan putranya  Dom Alfonco Hornay,   ia menyatukan hulubalang Amarasi   bergabung dengan kekuatan  potugis hitam , Amfoang dan Amanuban  menyerang Belanda  pada permulaan  kekuasaannya  tahun 1749  
  9. 9.      Dom Alfonco hornay 1752 – 1774 (putra)
  10. 10.  Dom Rote Ruatefu 1774 – 1802 (putra)  
  11. 11.  Kiri Lote 1803 -1832 ( putra )
  12. 12.  Koroh Kefi 1832 –  1853 Belanda dengan liciknya  mengadu domba raja-raja timor dan sekaligus membalas serangnya  ke Amarasi pada tahun  1752, Namun pada tahun 1836  Amarasi, sonbai, Amanuban dan Amfoang  yang selama  beberapa tahun diadu-domba Belanda,  mereka secara politik  bersatu  dalam politik  kebangsaan ”  Timorsch  Verbond ” dan “Timorsch”  membalas Belanda dengan  serangan  yang serentak   diseluruh pelosok timor
  13. 13.  Obe koroh  1853 – 1871 ( keponakan ) …..: Dari  periode kepemimpinan Obe Koroh inilah peran AM  NATU yang disebut NATUMNEA  PERTAMA PADA  KERAJAAN AMARASI dalam team ekonomi kerajaan bersama  beberapa tokoh TAKOY  dari Nubraen menjadi salah satu team kuat kerajaan karena didukung secara  strata ekonomi  & kehidupan sosial berdasarkan  anugerah Tuhan  dimana mereka hidup dan tinggal didaerah batas   hutan puru, oematmuti, bireo sampai oesain dan disekitarnya, di hutan-hutan ini banyak binatang liar seperti  rusa dll, yang setiap saat diambil dan ditembak oleh penembak jitu, karena setiap anak laki memiliki senjata atau paling tidak setiap rumah memiliki sepucuk senjata  api untuk berburu dan menjaga ternaknya dari gangguan binatang liar lainnya dan…….dihutan- hutan inilah  berkeliaran  ternaknya   Am Natu/ nai’k Natu   berupa kerbau dalam rombongan yang sangat banyak diternakkan (foa)  dalam kandang – kandang sekitar puru, oematmuti yg dekat hutan larangan ” bireo ” sampai ke Buatam dan oesain.Dapat dipahami  ia termasuk team ekonomi kerajaan, maka jika  ada tamu raja Amarasi, memanggil bapak Natu untuk persembahkan  beberapa ekor kerbau, disamping tembak rusa dihutan bireo, yang salah satu penembak jitu bernama Toe Natumnea.Apakah   sejumlah besar kerbau yang sangat banyak itu  hilang bagitu saja ? Tidak  !, tapi dijual  dengan harga golden , hanya karena  orang dolo cara simpan uang  bukan dibank  tapi dalam karung goni dan dimeteraikan, tetapi dicuri  orang beberapa karung goni  yang berisi golden bermetrerai itu namun akhirnya ketahuan.
  14. 14.  Rasi Koroh 1872 – 1887 ( keponakan )
  15. 15.  Taku Obe  1888 – 1891 ( anak dari Obe Koroh )
  16. 16.  Rasi Koroh 1892 – 1914 ( kedua kalinya )
  17. 17.  Ishak Koroh  1914 – 1923  ( kakak )
  18. 18.  Alexander koroh 1923 – 1925 (cucu dari rasi koroh)
  19. 19.  Hendrik Arnold Koroh 1925 – 1951 (kakak)

    H. A. Koroh, raja Amarasi ke-19, terpilih menjadi dewan raja timor dan di tunjuk menjadi bupati timor dan sekitarnya pertama, sejak indonesia merdeka

    Disinilah terjadi  Ravolusi kemerdekaan dan  ia mengambil peranan yang cukup  besar  menjadi ketua dewan raja se timor , menjadi anggota DPR  sunda kecil dengan ibu kota Denpasar – Bali  dan menjadi bupati timor pertama atas pilihan dewan raja, karena  pilihan  raja-raja setimor  sekaligus kerajaan-kerajaan ditimor  melebur/menggabungkan diri  dengan republik Indonesia dalam perjuangan   kemerdekaan Indonesia  secara  de yure tetapi defacto raja-raja  masih berkuasa dalam masa transisi ini.. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     

  20. 20.  Victor Koroh 1951 – 1962 .   Ia meneruskan masa  masa transisi, setelah memerintah beberapa tahun sebagai raja menggantikan ayahnya,  penyesuaian dari kerajaan Amarasi menjadi  kecamatan Amarasi mulai berjalan sehingga ia menjadi camat Amarasi pertama dari kerajaan menjadi kecamatan….. Namun cinta rakyat Amarasi tidak luntur  dengan kekuatan hulu balangnya  pernah didemontrasikan  ketika  seorang anggota TNI – AU  berkelahi dengan raja Amarasi Victor Koroh,   dan beritanya sampai ke Amarasi, semua lonceng gereja dibunyikan  tanda perang , maka semua hulu balang dari Amarasi dari ketiga kefetorannya   dari Oekabiti, Buraen dan Baun memenuhi kota Kupang, walaupun tanpa membawa senjata , karena dilarang oleh semua temukung, supaya  koordnasi dan pengamanan  lebih baik  karena sudah merdeka dan tidak ada perang lagi

KERAJAAN AMARASI & PERJUANGAN KEMERDEKAAN

Dalam perjuangan melawan belanda seperti beberapa raja dan kerajaan yl, dalam catatan sbb; 1749  Beberapa kerajaan sepakat menyerang belanda al kerajaan : amarasi,  amfoang, amanuban bersama kekuatan portugis hitam  menyerang dan  damalam serang itu menggoncang  kekuatan belanda  dan pada tahun 1752  belanda membalas serangan ke kerajaan amarasi ……..raja Amarasi dan putranya serta beberapa hulubalangnya ditangkap dan dikurung dalam “straf-kwartier” atau penjara di Kupang, dimana dalam kalangan rakyat Amarasi dikenal  peristiwa ini dengan nama “Kartel”.

Menurut kesaksian raja Alfons Nisnoni adalah raja kupang, bahwa raja  Amarasi itu ditangkap dan dihukum mati dengan kepalanya dipancung, sehubungan dengan itu, raja Nisnoni minta kepada kompeni belanda agar jenazah raja Amarasi diserahkan kepadanya untuk dimakamkan dipemekaman sonaf di Kuate didesa Bakunase – Kupang

Inilah Raja Kupang:  Alfonsus Nisnoni, yg bertindak untuk  minta Belanda,  agar  Jenazah raja Amarasi yang di pancung mati oleh Belanda dipenjara    kota Kupang  agar dikuburkan  di pemakaman  kerajaan kupang  dekat pekarangan sonaf    di Bakunase Kupang,  maka  sebagai balas jasa,  rakyat dan raja Amarasi memberikan sebidang tanah  di Oematmuti –    kampung Saha   6 km dari barat /selatan kota Baun  yg lokasinya  berbatasan dengan  kerajaan Kupang


Sebagai balas jasa dan tanda terima kasih oleh rakyat dan raja amarasi menghadiahkan kepada raja Nisnoni sebidang tanah didesa oematmuti  desa  Saha,  6 km dari barat Baun ibu kota kerajaan amarasi.Pada tahun 1785  kekuatan terbesar  sonbai dibuang belanda  kebatavia, sebagai taktik  mengurangi kekuatan musuh yaitu raja-raja local ini, namun kadernya tidak pernah putus, ” kalah hari ini besok pasti menang”  dan “mati satu muncul seribu” dari anak  dan cucunya  bersama / dukungan penuh rakyat Amarasi   tiap  laki-laki adalah tentara /hulubalang kerajaan  yang ditandai dengan setiap rumah ada senjata yang siap melawan belanda  yakni  raja amarasi bersama  hulubalang dan seluruh rakyatnya.

Pada tahun 1836  dikatakan bahwa : sonbai, Amarasi, amanuban dan amfoang diadu domba, namun mereka bersatu dan berbalik melawan belanda, tetapi dalam kelicikan belanda dapat mengatasinya satu persatu, sesudah itu  terjadi perundingan yang bernama “Timor traktat” ditanda tangani bersama yang isinya  pembagian wilayah pulau timor antara  belanda dan portugis dimana potugis menguasai timor timur dan belanda menguasai timor barat

Sesudah putera raja amarasi dibebaskan dan diangkat menjadi raja, ia kembali membangkang lagi dan tetap bermusuhan dengan belanda, maka pada tahun 1843 Belanda menyerang Amarasi dan berhasil menundukannya kemudian belanda menempatkan  seorang camat (posthouder) guna menjaga gerak gerik raja amarasi bersama hulubalang dan rakyatnya ini

RAJA AMARASI MENJADI KETUA DEWAN RAJA dan KEPALA DAERAH TIMOR

transisi dari kerajaan amarasi ke NKRI, maka raja Amarasi memimpin seluruh raja-raja di Timor menjadi ketua seluruh raja-raja di Timor dan menjadi Kepala daerah di Pulau Timor

Dalam perjuangan dari periode ke periode raja Amarasi terdepan untuk melawan belanda, bahkan sampai persatuan raja-raja di timor bernama “dewan raja”,  juga diketuai oleh raja amarasi yang hanya bersekolah di”Europese Lagere  School” sekolah randah belanda, serta  Mulo bagian B di Betawi, terakhir mengenyam sekolah Algemene Middelbare School selama setahun di Jogyakarta, dipanggil pulang untuk menjadi raja amarasi menggantikan kakaknya yang dipecat belanda karena  tidak tunduk pada pemerintah belanda

Tokoh H A Koroh raja Amarasi dari dinasti  Nai nafi Rasi dalam memerintah ia melihat jauh kedepan disegala bidang , terutama  pendidikan  secara maka  cara melihat dan melangkah  dengan   tahap  perspektif sebagai pejuang politik  dan pendidikan, ia  menetapkan wajib sekolah bagi rakyat  amarasi

Ia mengawasi pembangunan  gedung  sekolah dan rumah guru – guru yang adalah  swadaya rakyat dan juga membuat jalan raya keliling amarasi dan  menembus kota kupang  yang  pasti  melewati tanah  kerajaan  kupang  dalam perbatasannya , walaupun dihalang-halangi oleh pemerintah penjajah dan pengadu domba belanda, tapi  pantang mundur, karena gedung sekolah, rumah guru, jalan raya adalah infrastruktur  utama untuk membangun  kerajaan amarasi kemasa depan yang baik.

Dalam bidang kemakmuran  menganjurkan penanaman pohon pates sebagai hutan  tanaman rakyat  yang akan menjadi makanan sapi, sehingga menambah ekonomi  dan  daya juang menuju  kemakmuran rakyat adalah ketahanan utama bagi rakya kerajaan  dan menjadi dapur kota kupang

Dibidang pemerintahan  membagi tiga kefetoran  59 temukung dan ratusan amnasit  diberi kewenangan menjadi hakim rakyat  untuk memutuskan perkara, kecuali masalahnya belum selesai  akan naik banding dilanjutkan di kefetoran dan raja bila perlu ditinjau ulang.

RAJA AMARASI MEMPERSATUKAN  KERAJAAN-KERAJAAN DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN

Ia sebagai ketua dewan raja-raja ditimor punya kebijaksanaan  mempersatukan raja-raja di timor barat dalam hal politik untuk berjuang dan  mendukung sepenuhnya tuntutan kemerdekaan nusa bangsa  Indonesia dalam gerakan kemerdekaan Indonesia

wawasan yang luas dapat mempersatukan raja-raja Timor dan meleburkan diri menjadi NKRI

Bahkan sesudah kemerdekaan dalam sidang pleno dewan raja-raja timor, ia raja Amarasi h a koroh sebagai ketua dewan raja didampingi raja Nisnoni raja kupang sebagai wakil ketua bersama memimpin rapat tgl 10-12 mei 1950 telah mengeluarkan  resolusi bersama  sbb:  1.  Mendesak pemerintah RIS dan NIT, agar segera membubarkan  NIT melalui uu darurat meleburkan diri  kedaLam republik Indonesia   2. Menganjurkan kepada pemerintah  republik Indonesia serikat dan republik Indonesia  agar supaya daerah timor  dan kepulauannya menjadi  bagian dari pada  republik Indonesia

Dalam suasana  perjuangan dan pengisian pemerintahan transisi ini dewan raja-raja  mengambil posisi menjadi  penguasa penentu untuk menetapkan  nasib timor dibawah kepemimpinan dewan raja  dengan  ketuanya yakni  raja Amarasi dan wakil ketuanya  raja kupang yaitu  H>A Koroh dan Nisnoni ini

Sikap dan jiwa nasionalisme  dalam perjuangan inilah yang melandasi kehidupannya bersama rakyat amarasi dalam kehidupan bermasyarakat

 T  O  F  A      ANTARA   KAMPUNG BAITIRI & NUBRAEN

Mengapa  Nubraen dan Baitiri satu temukung, sedangkan Tofa temukung sendiri ? Heran ! Pada hal  antara Nubraen  dan Baitiri ada Tofa ! Mengapa tidak bergabung saja tiga kampung ini dari doeloe?

kekuasaan Vetor Koroh, dibatasi oleh raja Amtiran, karena itu Baitiri dan Nubraen menjadi satu desa

Jika kita kenal jalan pemikiran filofis dan perkembangannya  ketiga kampung   yang unik ini , maka akan terjawab bahwa  fetor sebenarnya adalah dari fam  Amtiran, tetapi diambil alih oleh Koroh karena rajanya adalah koroh.  di Tofa ada sonaf (istana raja),adalah tempat kedudukan raja dan fetor Amtiran…..nah fetor koroh punya tiga isteri dimana  isteri pertama ( in fenai ) fetor koroh  di baitiri, isteri kedua ( infenai ) di baun sedang isteri ketiganya  infenai ) di Nubraen  maka dapat terjawab  sedikit  kisah unik ketiga kampung ini dan lagi  pula yang paling kritis untuk mengkritik juga memperbaiki  raja Koroh dan Fetor Koroh adalah dari fam  Amtiran; Kalau kita ikuti kalimat singkat diatas ini  dan mengerti maknanya ,  maka dapat terjawab sedikit pertanyaan diatas, sehingga tidak dapat digabungkan ketiga  kampung ini begitu saja , selagi fetor koroh masih berkuasa dan nanti kapan ? Menunggu waktu yg tepat sesuai dengan rencana Tuhan, bahwa sekarang ini ketiga kampung itu telah menjadi satu desa bernama Merbaun dimana kepala desanya bergantian   secara pemilihan  warga desa  dari ketiga mantan kampung ini.
 
Salah satu bentuk penghormatan kepada  Fetor ialah  jika  ada raja atau fetor maka pouk  yang biasanya dipakai diatas bahu harus diikatkan di pinggang,  atau ketika  kita berkuda dan melewati sonaf (istana) harus turun dari kuda, demikian juga alam ini miliknya jika  rakyat ramai-ramai mencari ikan didanau dengan memabokannya pakai tuba, maka rombongan pertama  dari ikan-ikan yang menggelepar keluar danau  milik fetor dan pendeta, baru  pencarian ikan  mabuk tuba berikutnya  adalah milik barang siapa yang menemukannya; Si Filus  datang terlambat dengan berkuda , nampak semua ikan yang mabok  ada dihulu danau yang menyempit, lalu  ia  turun dari kuda  dan  dibuang (disapar) keluar ikan-ikan itu kerumput dan menjadi miliknya.
 
 
Jika tembak rusa  dipinggir  atau dalam hutan laranagn itu dilarang, tetapi jika rusanya berada jauh dari hutan larangan: umpamanya dikebunnya  atau disungai dan tempat lainnya dan rusa itu mati, maka satu paha dari daging rusa itu harus diserahkan kepada fetor, sebagai tanda penghormatan kepadanya mewakili raja

Dikampung  Nubraen berdiam sejumlah fam yang bertumbuh dan berkembang  seperti Takoy, Natumnea, Mnaohonin, kemudian datang  Foni dan Bureni dstnya.disitulah lahir seorang anak bernama Theofilus Natumnea dari Maleakhi Natumnea dan Regina Pasu liat seri I tentang  lahirnya Theofilus Natumnea dan sejarah hidupnya.

DARI MANA DAN APA  PERANNYA  NAIK   N A T U/ AM  NATU

Natumnea pertama datang dari matahari terbit,….. bisa dari TTS,…. TTU… atau BELU, sama seperti sejarah datangnya kerajaan Amarasi yang berdudukan diBaun dan sekitarnya datang dari wehali Atambua melalui Insana dstnya.

Natu Natumnea, menjadi salah satu anggota tim ekonomi kerajaan amarasi, karena pemilikan kerbau dan dekat dengan hutan Bireo, Oejiu, oematmuti, puru, Oesain


Disebut namanya nai’k Natu itu  ketika dia  masih seorang pemuda  datang ke Nubraen dan tinggal disana … kawin dengan nona Takoy, tetapi aral melintang hidupnya walaupun dia memiliki segala sesuatunya tetapi Tuhan tidak karuniakan  anak kepadanya anak sehingga,  diambil dan diadatkan seorang anak laki-laki dari anak adik istrinya  yang bernama Hata takoy diadatkan dengan “ b e l i s “  dan diberi nama fam baru menjadi  Hata Natumnea

Peran nai’k natu ini bersama beberapa orang fam Takoy dari Nubraen menjadi pendukung kepada kerajaan Amarasi  atau kepada raja sebagai salah satu pendukung penting  bidang ekonomi atau team ekonomi  kerajaan tidak sedikit ia korbankan kepada raja, jika butuh kerbau atau rusak karena  ada ahli penembak rusa  untuk kepentingan pesta dan tamu raja atau peperangan melawan belanda,  apa saja dapat diambil dengan mudahnya ( dulu belum ada sapi) karena semua binatang liar dihutan larangan Bireo  dan  binatang  milik rakyat  adalah ex offecio milik raja, tinggal bagaimana pendekatan dengan  anggota team ekonomi tsb.

Dalam kerajaan Amarasi ia dikenal karena ia menjadi team ekonomi kerajaan  sumbangannya dari pemilikan kerbaunya yang tidak terhitung  jumlahnya bahkan  cara hitungnya  rombongan yang terkumpul di kandang baik di Buatam, Oematmuti, Puru dan Nubraen.Mereka menjadi team kerja yang kuat, sehingga ketika “Nai’k Natu “  atau Natu Natumnea  meninggal salah satu pelayat adalah raja dan fetor dari kerajaan Amarasi bahkan ketika anak angkatnya Hata Natumnea meninggal dalam usia 100 tahun dari kerajaan mengutus fetor koroh a/n kerajaan melayat kerumah duka,  tergambar juga  ketika raja Vecky Koroh  adalah raja terakhir meninggal Kepala desa  Bernadus Takoy yang berkedudukan di Nubraen mempersembahkan seekor sapi Hoov class untuk menjamu para tamu-tamu raja. Ini pertanda bahwa ada ikatan batin yang kuat antara nai’k Natu  dan Nubraen dengan kerajaan Amarasi,  karena ia menjadi team ekonomi kerajaan Amarasi yang berkedudukan diBaun, dimana Baun dan Nubraen jaraknya hanya 5 km saja menuju pantai Oesain dan puru    

Silsilah Natumnea dalam perannya dikerajaan amarasi oleh Am Natu (Naik Natu)

Silsilah Natumnea dalam perannya dikerajaan amarasi oleh Am Natu (Naik Natu)

Silsilah Natumnea dalam perannya dikerajaan amarasi oleh Am Natu (Naik Natu) Sebagai Penasehat Ekonomi Kerajaan

Dari Turunan Natumnea ini masih menghargai adat dimana anak pertama dapat diserahkan kepada Fam Ibu sebagai kedekatan keluarga

Dari Turunan Natumnea ini masih menghargai adat dimana anak pertama dapat diserahkan kepada Fam Ibu sebagai kedekatan keluarga

DIMANAKAH KERAJAAN AMARASI SEKARANG ?

Apakah kerajaan Amarasi raib dari dunia ini ?  Tentu Tidak ! Hanya status kerajaan amarasi  sudah  dilikwidasi dan melebur  dalam NKRI  berubah  dari kerajaan menjadi kecamatan, bahkan proses perubahannya begitu rupa sehingga  ibu kota kecamatan Amarasi  di Baun bertahan beberapa tahun, kemudian pindah ke Buraen, karena gencarnya pembangunan bergeser kearah selatan , baik membangun jalan raya, maupun perkebunan, sehingga untuk focus pekerjaan, maka ibu kota kecamatan dipindahkan ke Buraen . Ketika rakyat sementara membangun jalan , maka diambilnyalah pemuda yang fisiknya kuat untuk membangun jalan raya, maka mereka harus tinggal dilokasi pembangunan sampai selesai, dengan demikian rajapun tidak boleh meninggalkan mereka atau tinggal bersama merekasampai  selesai dengan  baik dan tuntas semuanya.Untuk itulah maka ibu kota kecamatan Amrasi dipindahnya ke Buraen.

Inilah  sonaf  atau istana kerajaan amarasi, setelah bersatu dengan NKRI  menjadi  kecamatan Amarasi dan dimekarkan  menjadi 4 kecamatan: 1. Amarasi, 2. Amarasi Barat, 3. Amarasi Timur, 4. Amarasi Selatan. yang dipimpin oleh 4 camat


Peta kerajaan yang menjadi kecamatan ini semakin berubah ketika ibu kota kecamatan dipindahan lagi ke Oekabiti yang lebih dekat dengan kota Kupang, sehingga segala urusan yang menyangkut dengan administrasi dengan kator kabupaten  di Kupang dapat ditempuh dengan cepat dan lancar.

Peta kerajaan semakin berubah ketika kecamatan Amarasi dimekarkan  dari satu kecamatan menjadi empat kecamatan yaitu : 1. Kecamatan Amarasi ibu kotanya Oekabiti.   2.   Kecamatan amarasi barat ibu kotanya  di Baun  (bekas ibu kota kerajaan amarasi)  3. Kecamatan amarasi selatan ibu kotanya Buraen dan  4. Kecamatan Amarasi Timur ibu kotanya Tesbatan.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    

Tentang theonatumnea

saya pendeta dan petani. .... sudah menikah dan punya tiga anak serta dua cucu . nama blog saya : "Kembara kehidupan seorang Theofilus natumnea". Ada 9 seri yaitu 7 seri umum serta 2 seri khusus dapat dibuka dengan kunci theonatumneawordpress.com Menceriterakan tentang kelahiran, sekolah, dari desa ke kota serta sekolah theologia, pengalaman hidup dan pelayanan, serta kuasa Tuhan yang saya alami dalam hidup sepanjang pengalaman ; pelayanan tsb untuk hormat bagi nama Tuhan....... gbu amin
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

44 Balasan ke Seri Khusus I: KERAJAAN AMARASI

  1. theonatumnea berkata:

    Inilah seri khusus I tentang kerajaan Amarasi, silahkan tinggalkan komentarmu terima kasih

    • Salut kepada Bpk Pendeta Natumnea yang menyampaikan seri kerajaan Amarasi ini dengan sangat rinci dan detail, tapi mungkin bapak dapat memberikan kesimpulan ringkas ttg sikap hidup yang baik dan patut dicontoh dan dilestarikan dari kerajaan Amarasi ini dalam konteks kehidupan jemaat pada masa sekarang ini.

      • theonatumnea berkata:

        Terimakah pa Aritonang, atas komennya di Kerajaan Amarasi ini, ternyata bukan hanya orang Amarasi yg berkomentar tetapi dari Batak juga suka membaca dan komen ttg kerajaan kecil ini ……usul serta kritiknya beta terima untuk memberi analisis guna memberi catatan tentang nilai-nilai positip yg dilestarikan dari kehidupan orang amarasi dalam kehidupan berjemaat. makasih Tuhan berkati

  2. hubert berkata:

    Penulis yang datang dari latar belakang Natumnea, mungkin bisa lebih fokus kepada garis keturunan, sehingga dalam rangka penulisan buku, akan memberikan kontribusi bagi perkembangan iman dalam konteks Timor besar, bahkan kontribusi sebagai anak bangsa melalui GPIB

  3. theonatumnea berkata:

    MAKASIH PAK PENDETA HUBERT LANTU, INI YG BETA TUNGGU, TAPI KALO BISA DI SEMUA SERI ADA KOMENTARNYA, SEMAKIN MEMBERI SEMANGAT KEPADA YG BELAJRAR TULIS INI ADALAH ADIK KELASNYA. TUHAN BERKATI AMIN

  4. Memang, saat ini seri khusus I ini belum dilengkapi dengan foto dokuentasi seperti seri I -VI liainya, doakan agar segera dilengkapi seri ini . foto dokumentasi tsb, .terima kasih gbu amin

  5. theonatumnea berkata:

    Seri khusus I tentang Kerajaan Amarasi telah dilengkapi dengan dokumen foto, silahkan membacanya dan jangan lupa komentarnya ditinggalkan disini–dibawah ini

  6. Beny Ulu Meak berkata:

    Tulisannya cukup menarik namun perlu disebutkan juga literaturnya agar informasi ini dapat diketahui juga oleh pembaca jika ingin menjadikan refensi lanjutan…..SALAM.

  7. theonatumnea berkata:

    TERIMA KASIH, .PAK BENY ULU MEAK…KALI INI BETA DAPAT KOMEN DARI SAUDARAKU SE – NTT – TIMOR, DARI 80 KOMEN YLNYA…. SEKALI LAGI MAKASIH ….THEMA BLOG INI : “KEMBARA KHDPN SEORANG THEOFILUS NATUMNEA” DALAM 9 SERI YAITU : 7 SERI UMUM DAN 2 SERI KHUSUS AL SERI KHUSUS KERAJAAN AMARAS BAHAN LITERATURNYA 1. PENGALAMAN : APA YG DIDENGAN , DILIHAT , DIALAMI DLM HIDUP 2. CERITA ORANG TUA TOLODOTH DARI MULUT KE MULUT SAMPAI PADA ANAK CUCU NYA 3 BUKU PAHLAWAN-PAHLAWAN SUKU TIMOR OLEH I.H DOKO PENERBIT BALAI PUSTAKA .Buku ini pemberian teman : seorang wartawan senior bp Kawilarang 4 INTERNET
    JIKA PAK BENY MEMBACA THEMA DIATAS DAN BERKENAN SILAHKAN BACA SEMUA SERI-NYA SERI i DARI TIMORESE KE SERAMBI MEKAH SERI II DARI SERAMBI MEKAH KE SERMABI MEDINA DSTNYA S/D SERI VII DAN SERI KHUSUS I & II DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENNYA PADA SETIAP SERI, ATAS PERHATIAN DAN RESPONS SERTA KOMEN PAK BENY TERIMA KASIH GBU AMIN

  8. dedy boimata berkata:

    mantap bapak ini suatu pelajaran bagi kami generasi penerus amarasi yg katong cintai

    • theonatumnea berkata:

      Makasih Dedy Boimata, apa cucunya trayanus boimata ? itu teman sekolah saya SR di Baun zaman dolo….ya dalam tulisan 9 seri ini beta refleksikan apa yg telah dipelajari, dialami dalam praktisi hidup ini, dan komennya pas kiranya tulisan kecil ini menjadi berkat bagi banya orang para pembaca sudah 7600 dari seluruh dunia namun komen baru 70luan dari amerika, jerman, afrika selatan dan indonesia tentunya ntt termasuk komennya Dedy, sekali lagi makasi banyako,.. tetap semangat, maju terus,..Tuhan memberkati amen

  9. Jhonn Gudang berkata:

    mantap tenea jaman uis pah koro etre pah buraen ma sonaf baun aku salut

    • theonatumnea berkata:

      MAKASIH TUA, JOHNN GUDANG !..ON ME REKO ?, NOKO ANAK AMARASI NUBRAEN THEO NATUMNEA ATAU RASI NINU – NATUMNEA, ET PAH RANTAU, BEKASI, JABOTABEK -JAKARTA, USI YESUS MEMBERKATI AMEN

      TURUT BERJUANG DALAM PELAYANAN UNTUK MEMBANGUN NEGARA DAN BANGSA DIBIDANG ROHANI AMEN

    • theonatumnea berkata:

      Reko tua, pak jhonn Gudang, atoni Nai”Rasi nasaim-nanoe naheun pah bian ekpah ko”bui, neu hit tatef eke blog he ai, tetap dan terus semangat berjuang tekun terus dalam perkara – perkara kecil, maka Allah akan tambahkan tg jawab dalam perkara yg besar. Tuhan memberkati selamat membaca dan berjuang gbu amen

  10. remy berkata:

    mantap sekali..

  11. remy berkata:

    bapak pendeta,saya coba melengkapi sedikit tentang ibu kota kecamatan amarasi timur, itu di PAKUBAUN.KALAU TESBATAN trmasuk salah satu desa di kecamatan amarasi induk.

    • theonatumnea berkata:

      TERIMA KASIH, BAHWA IBU KOTA KECAMATAN AMARASI TIMUR ADALAH PAKUBAUN, TUHAN MEMBERKATI DAN TERUS BERJUANG DALAM TUHAN AMEN

    • theonatumnea berkata:

      Terima kasih Remy, dan Tuhan memberkati, sampai jumpa amen

    • theonatumnea berkata:

      MAKASIH TUA, MEMANG PERKEMBANGAN AMARASSI LUAR V BIASA, BAIK ORANGNYA,JUGA WILAYAHNYA, JADI KWANTITAS DAN KWALITAS SEMUA BERKEMBANG LUAR BIASA……., BETA DISABANG KETEMU ORANG AMARASASI, DIMANOKWARI JUGA KETEMU ORANG AMARASI……, APA LAGI DIJAKARTA ARTINYA DIMANA-MANA TUHAN UTUS UNTUK KITA MEMBANGUN INDONESIA SEBAGAI AGEN PEMBAHARUAN INDONESIA TERCINTA INI……….JADI BETA SU TAU DAN HAFAL IBU KOTA AMARASI TIMUR : GBU AMEN

  12. Yody Langkola berkata:

    Mantap skali bos….

  13. Rita otemusu berkata:

    Artikel yg bagus.
    Saya baru tau sejarah Amarasi
    walaupun lahir dan besar di Amarasi /Baun..penting sekali buat generasi muda sekarang termasuk saya …mudah2an bukunya segera keluar karena tdk semua org menggunakan internet khususnya di Baun

    ..5star for you Father

    • theonatumnea berkata:

      Makasih Rita Otemusu, dolo teman sekolah saya di Smea neg Kupang bernama: Zakheos Otemusu dari soba, apa kenal dia ? Puji Tuhan, beta ada sidinyadari tulisan ini seri I-IX, mudah-mudah sampai ditangan anda, tetapi kalo buku belum ada yg sudah tawar, tetapi belum cocok ! doakan ya..ya..!! mudah-mudahan terlaksana gbu amen

  14. Terima Kasih Bapa Pendeta. ini memberikan tambahan pengetahuan bagi kami yang muda, dimana dulu cerita kesejarahan dituturkan dari satu generasi ke generasi berikut.. namun dengan perkembangan jaman mudah-mudahan suatu saat nanti cerita kesejarahan akan Amarasi baik dari aspek asal-usul dan kepemerintahannya dapat terangkum dalam suatu buku.. mungkin yang dapat diambil dari tutur sejarah diatas adalah bagaimana dengan memberi kita akan menerima.. Salam Hormat..

    • theonatumnea berkata:

      TERIMA KASIH JUGA OLIVIANUSR KAPITAN, YAKIN DAN YAKIN BAHWA BANGSA YG MENGHARGAI SEJARAH ADALAH BANGSA YG BESAR, DAN ANAK TUHAN YG MENGHARGAI DAN MENARUH MINAT UTK SEJARAH & SIAP MENERUSKANNYA ADALAH ANAK TUHAN YG DIBERKATI TUHAN. DAN…..YAKINLAH BAHWA PADA WAKTUNYA AKAN TERBIT DARI SERI I S/D SERI IX KHUSUSNYA TTG KERAJAAN AMARASI . TUHAN MEMBERKATI HARAPAN DAN PERJUANGANMU AMEN

  15. mexi bani berkata:

    trimakasi bapak PENDETA untuk informasi ini,,tp sedikit melengkapi,,ibu kota amarasi timur itu di PAKUBAUN..tesbatan itu masuk wilayah kecamatan induk.kecamatan amarasi.syalom

  16. theonatumnea berkata:

    SEKALI LAGI, MAKASIH MEXI BANI, DOAKAN AGAR SEMUA ORANG AMARASI KHUSUSNYA ANAK MUDA , DIMANA SAJA DAPAT MEMBACANYA DAN MEMPERJUANGKAN SEMANGAT ANAK AMARASI SUPAYA BAIK DAN BERHASIL DALAM TUHAN AMEN

  17. SYALOM SAUDARA SAYA JUGA PENEKUN CERITERA DAN SEMENTARA MENGUMPULKAN
    INFORMASINYA LIURAI MAROMAK OAN YANG KELUAR DARI MALAKA DAN MAKAMNYA DI TTU. PADA PERANG YANG DICERITERAKAN TELAH MENGUTUS PANGLIMA PERANG DAN TUGUNYA SUDAH SAYA TEMUKAN DI KUPANG SALING KONTAK ONEDAY OKE… Ini hpku 081239054777 thank,s infonya. by…

    • theonatumnea berkata:

      Mari kita tulis dan dukung terus supaya bukan hanya tugu pahlawan NTT di Kupang saja yang berdiri, tetapi suatu ketika diterima menjadi pahlawan Nasional NKRI ini di Indonesia tercinta ini, bahwa ada pahlawanNasional dari NTT juga ikuit berjuang melawan Belanda zaman dolo terima kasih Tuhan memberkati amen

  18. Oh iya perlu saya tambahkan bahwa di amarasi keluarga besarku ada 2 disitu yaitu 1. KEL. BESAR KOEANUNU DAN 2. KEL. BESAR SIKI salam buat mereka…Liurai MAROMAKOAN dari wewiku – wehali “Mohn Doa Restu; mampirlah ke TAPAL BATAS – NAPAN – KEFAMENANU – TTU

    • theonatumnea berkata:

      Kalau keluarga Koenunu – asala Buraen , beta kenal ketika beta masih di SMEA Kupang datang Drs Keonunu dari jawa setelah menamatkan sarjananya dan menjadi dosen di Kupang demikian juga nama ini banyak kami dapat cerita dari Titus Bureni yg Dosen juga di Kupang, Perlu diketahui bahwa setelah beta tamat SMEA Negeri di Kupang beta juga merantau ke jawa dhi jakarta dan kuliah serta putar- putar Indonesia sampai hi seperti dalam tulisan beta di seri I – VII serta seri khusus I & II al kerajaan Amarasi versi beta, terima kasih atas komennya nanti beta akan telepon gbu amen

  19. plato berkata:

    pengetahuan saya raja amarasi yang di tahan belanda di penjara belanda di kupang jembatan selam itu namanya timotius keo dari oebaki kotabes, timotius keo di tangkap oleh koroh karna disuruh belanda, dan koroh sendiri kawin dengan saudara perempuan timotius keo namanya taku keo, makanya ada pemberontakan faifoni. karna dulu banyak raja2 yang ikut belanda,karna pada waktu itu yang menantang kerajaan hindia belanda maka di leyapkan, makanya raja2 yang ikut belanda masih di lindungi belanda sampai hari ini. dan sejarah timor raja cuman 2 aja dan satu kaesar, usif natun di baun dan koroh penerusnya karna koroh sama buraen anak angkat udif natun, dan usif nuban itu nubatonis dia suka natoni dengan kaesar dan kaesar itu keo

    • theonatumnea berkata:

      MAKASIH PLATO, SEBAGAI BAHAN MAKSUKAN UNTUK MELENGKAPI TULISAN INI DAN MEMBUKA WAWASAN ORANG AMARASI YANG TERSEBAR DITANAH AIR INDONESIA INI; MEMANG BETA KUTIP DARI BUKU DAN KEMBANGKAN DALAM TULISAN INI, NAMUN TIDAK MERUBAH DATA – DATA AUTENTIK, BUKU ITU DITULIS OLEH DOKO TEMANNYA RAJA KOROH YANG BISA SAJA SUBYEKTIF, TETAPI DENGAN MASUKNYA DATA INI, TENTU AKAN DIUJI OLEH PENULIS BUKU ITU ATAU SIMPATISANNYA DALAM KOMENTAR INI…… DAN JIKA BENAR AKAN DIRUBAH,KALAU PENULIS BUKU ITU MASIH HIDUP . …… KITA JUNJUNG TINGGI NILAI KEBENARAN, TERIMA KASIH, TUHAN MEMBERKATI AMEN

    • theonatumnea berkata:

      Tanda bahwa para pejuang dari NTT itu cukup banyak dan harus terus dicatat dalam sejarah untuk diperjuangan menjadi bahan masukan dan pertimbangan negara secara nasional sehingga suatu ketika akan diusulakn dan ditetapkan menjadi bahan usulan dan penetapan pahlawan nasional dari NTT, karena itu dukungan semua unsur masyarakat dan semua elemen dalam lapisan masyarakat NTT

  20. PLATO berkata:

    kalau cerita turun temurun dari keo di amarasi……awal mulah kita datang dari india belakang sudah ribuan tahun yang lalu, kita datang membawa 9999 orang kapalnya yg sekarang kita kenal fatu kopan, nah kopan mempunyai 5 orang anak yang pertama namanya KEO ( keo artinya mengetahui segala sesuatu) ke 2, TNUNAY ( pelayan di istana ) ke 3 FONY ( artinya hilang kadang muncul) ke 4 ATAUPAH (artinya mau menguasai semua) yang ke 5 permpuan BETAKU. mereka tinggal di gunung tunbes tua yg nama sebenarnya kopan tp nope yang beri nama tunbestua. baru turunan kopan ini mulai hidup berpindah2 MORO KEO ( molo) dan MANU KEO (manutapen) dan RASI yang kita kenel amarasi yg di beri nama oleh koro, dan SEMAU (maubesi) kawin dengan KOPAN menjadi istri ke 39 makanya turunan kopan kasih tinggal turunan semau di fatufeto (sonafnya). kemudian keturunan maubesi dari SERAM AMBON datang cari neneknya yang kawin dengan raja timor di timor sampai mereka menetap dan tinggal sampai hari ini, jd sejarah yang di tulis….. masih sejarah lokal….. kususnya sejarah timor. jd RAJA TIMOR ITU CUMAN ADA 2 DAN 1 KAESAR… YANG LAIN ITU BUKAN RAJA TAPI KEPALA SUKU SAJA. RAJA BAGIAN TIMOR TIMOR ITU USIF NUBAN DAN RAJA BAGIAN TIMOR BARAT ITU USIF NATUN DAN KAESARNYA ITU KEO. JD DI AMARASI CUMAN USIF NATUN YG TINGGAL DI KAMPUNG BE ETO SEDANGKAN KOROH SAMA BURAEN ITU ANAK NGKAT DARI USIF NATUN, JD MEREKA IKUT BELANDA HINGGA BELANDA ANGKAT RAJA PERTAMA KALI DI AMARASI ITU BURAEN KE MUDIAN BELANDA TURUNKAN BURAEN DAN ANGKAT KORO JADI RAJA AMARASI KE 2 ITU FERSI BELANDA.

    • theonatumnea berkata:

      Kiranya menambah bahan perbemdaharaam dalam sejarah Kerajaan Amarasi ini, dan jika ada hal-hal yang berbeda, maka itu merupakan kekayaan yang perlu dicatat menjadi bahan masukan penting dalam seminar dan diskusi-diskusi daerha serta nasional untuk kritik membangun dan haraapan kita tulisan kerajaan Amarasi ini menjadi bahan masukan untuk usulan pahlawan nasional dari daerah NTT

  21. Orzon Zeqhu berkata:

    dulu sewaktu pemilihan dewan raja raja oleh belanda” ada 2 orang yg di tes belanda waktu itu< yg pertama AYAHNYA ELI TUTHAES di oebaki dan yg ke 2 koro di baun dan yang lolos tes waktu itu ayahnya eli tuthaes yang lolos tes menjadi dewan raja raja di timor tp kenapa ayahnya eli tuthaes tidak jadi" sebab ada yang melapor ke belanda bahwa ayahnya eli tuthaes itu salah satu orang yang menentang kerajaan hindia belanda dengan tidak mau bayar pajak. sehingga belanda tau kabar itu makanya ayahnya elituthaes tidak jadi dewan raja raja di timor dan belanda mengangkat korolah yang menjadi dewan raja raja di timor. jd kalau kita tulis sejarah kerajaan timor yang sebenarnya maka sejarah indonesia akan di revisi kembali.

  22. plato berkata:

    RASI KEO ANAKNYA TANIS KEO ANAKNYA NEPA KEO/ RASITANIS ANAKNYA TIMOTIUS KEO/TAINEPA ANAKNYA RUBEN KEO/ NEPARASI. KALAU ADA YANG HIDUP SEJAMAN MERAKA PASTI TAU SIAPA MEREKA

Tinggalkan Balasan ke Fredy Aritonang, galaxi. bekasi Batalkan balasan